Jembatan Tugel Wanagama Gunungkidul

Jembatan Tugel Wanagama Gunungkidul
2.5 (50%) 2 votes

Jembatan Tugel merupakan sisa-sisa jembatan penyebrangan yang melintasi aliran Sungai Oyo (Oya) di dalam kawasan Hutan Wanagama. Jembatan ini mengalami rusak atau patah sebagian dan tidak dapat lagi dilewati oleh kendaraan. Saat ini jembatan ini menjadi salah satu lokasi berfoto (selfie) bagi beberapa anak muda di sekitar Gunungkidul dan Yogyakarta.

Jembatan Tugel (Jawa: Putus) Hutan Wanagama terletak di desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Honda Beat FI Di Tepi Jembatan Tugel Wanagama Gunungkidul

Lokasi Jembatan Tugel berada di dalam kawasan Hutan Pendidikan Wanagama Gunungkidul milik Universitas Gadjah Mada. Pengunjung yang memasuki gerbang kawasan Hutan Wanagama akan menemui pertigaan jalan bercor semen di sisi kanan. Pilihlah jalan cor tersebut yang medannya menurun hingga tiba di dekat aliran Sungai Oyo. Posisi Jembatan Tugel berada di persimpangan jalan cor semen tersebut.

Jembatan Tugel yang berada di Hutan Wanagama menghubungan antara pemukiman sisi timur Sungai Oyo yaitu Desa Banaran dengan pemukiman sisi barat Sungai Oyo yaitu Desa Kemuning. Namun saat ini sudah tidak dapat lagi digunakan sebagai jembatan penyebrangan. Bencana Gempa Jogja pada tahun 2006 menyebabkan jembatan ini patah sebagian pada sisi barat dan patahannya jatuh ke dasar sungai. Dalam penelitian yang dilakukan diketahui penyebabnya adalah tebing sisi barat mengalami longsor dan salah satu penopang di sisi barat amblas. Potongan landasan jembatan masih terlihat saat aliran air sungai surut atau ketika musim kemarau.pada musim penghujan tidak terlihat karena arus sungai cukup deras dan menenggelamkan batang landasan tersebut. Bagian jembatan yang masih utuh setelah diteliti cukup aman untuk dipijak dan tidak beresiko ambrol. Tidak heran bila banyak anak muda menggunakan tempat ini sebagai lokasi berfoto dan nongkrong pada sore hari. Belum ada informasi kapan jembatan ini akan diperbaiki. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Jembatan Tugel Hutan Wanagama
Desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. academic Indonesia:

    wah jembatannya tugel y,
    unik sekali,…
    jadi ingin ke sana, thank infonya :D

    • admin:

      Hi Academic indonesia,
      Silakan dikunjungi, semoga bisa menikmati keunikannya :-)

Kirim pendapat