Jembatan Surapanggah, Salah Satu Spot Foto Di Dusun Turgo

Jembatan Surapanggah atau Suropanggah merupakan akses jalan utama dan satu-satunya jembatan menuju wilayah dusun Turgo lereng Gunung Merapi. Dusun Turgo sendiri terkenal dengan keberadaan Bukit Turgo dimana pada bagian puncaknya terdapat Makam atau Petilasan Syech Jumadil Qubro. Jembatan permanen ini memiliki arsitektur yang biasa namun menjadi spot foto yang menarik dengan tulisan nama jalan pada lantai jembatan.

Jembatan Surapanggah beralamat di dusun Turgo, desa Purwobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582.

Lokasi Jembatan Surapanggah berada di perbatasan antara desa Tritis dengan desa Turgo. Rute menuju jembatan ini dari pusat kota Yogyakarta lurus ke arah utara melewati Jalan Monjali, Jalan Palagan Tentara Pelajar, dan jalan Turgo hingga tiba di lokasi. Cukup mudah menemukan lokasi jembatan ini meskipun kondisi jalan yang dilalui perlahan-lahan naik dan menyempit.

Jembatan Surapanggah dibangun pada awal 2011 dan diresmikan pada tanggal 22 November 2011 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Jembatan ini dibangun sebagai pengganti akses jembatan yang rusak pada bencana Gunung Merapi pada tahun 1994. Jembatan yang memiliki panjang 34 meter dan lebar 8 meter ini dibangun menggunakan dana dari para donatur dan swadaya masyarakat desa sekitar. Harapannya keberadaan jembatan ini dapat memperlancar aktivitas sehari-hari warga sekitar.

Seiring berjalannya waktu, di samping Jembatan Surapanggah dibangun Gazebo Turgo sebagai rest area dan taman untuk beristirahat pengunjung atau wisatawan yang datang ke kawasan Turgo. Beberapa fasilitas seperti gubug peristirahatan, tempat duduk, dan kamar umum telah selesai dibangun. Selain itu Jembatan Surapanggah sendiri saart ini telah menjadi salah satu pemberhentian sekaligus spot foto favorit pesepeda yang mengambil rute ke arah Turgo. Secara keseluruhan Jembatan Surapanggah dan Turgo dapat menjadi salah satu alternatif wisata di lereng Gunung Merapi sisi selatan selain Kaliurang dan Cangkringan yang dikenal dengan Bekas Rumah Mbah Maridjan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Jembatan Gondolayu dan Pemandangan Gunung Merapi Merbabu
INFORMASI
Jembatan Surapanggah
Dusun Turgo, desa Purwobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582

Kirim pendapat