Jembatan Gantung Pengkol, Spot Jembatan Baru Di Imogiri Bantul

4/5 - (1 vote)

Jembatan Gantung Pengkol merupakan salah satu jembatan gantung konstruksi baja yang dibangun di atas aliran Sungai Oyo (Sungai Oya). Jembatan gantung ini dibangun pada tahun 2020 dan selesai dibangun pada tahun yang sama, Fungsi utama jembatan gantung ini untuk mempermudah akses dua sisi wilayah yang dilewati aliran Sungai Oyo.

Jembatan Gantung Pengkol beralamat di dusun Pengkol, desa Sriharjo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Jembatan Gantung Pengkol menghubungkan dusun Pengkol, desa Sriharjo dengan dusun Lanteng, desa Selopamioro dimana kedua terletak di kecamatan Imogiri. Akses jembatan gantung ini hanya dapat dilewati kendaraan roda dua seperti sepeda sepeda motor. Sebelum adanya jembatan ini, penduduk harus memutar lebih jauh melewati Jalan Imogiri-Panggang atau Jembatan Baru Jetis dimana dulu dikenal dengan nama Jembatan Gantung Selopamioro. Dengan dibangunnya jembatan ini cukup mempersingkat waktu dan jarak tempuh.

Aktivitas penduduk yang melintasi jembatan gantung ini terlihat pada pagi hari saat berangkat kerja dan sore hari saat pulang kerja. Selain itu saat ini jembatan gantung ini mulai ramai dilewati para pesepeda yang mengambil rute bersepeda ke arah Jembatan Baru. Sesekali mereka berhenti di jembatan sambil mengambil foto. Aktivitas bersepeda ini banyak terlihat pada liburan akhir pekan. Kondisi semacam ini membuat masyarakat setempat mencoba mengembangkan kawasan jembatan gantung ini menjadi daya tarik wisata baru yaitu wisata pemandangan alam Sungai Oyo dan jembatan gantung. Beberapa warung mulai dibangun disekitar jembatan sebagai tempat bersantai. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pantai Indrayanti, Wisata Pantai Paling Favorit Di Gunungkidul

Kirim pendapat