Jembatan Gantung Bendosari Klaten

Jembatan Gantung Bendosari merupakan salah satu jembatan gantung dengan konstruksi baja yang dibangun di lereng Gunung Merapi kabupaten Klaten. Jembatan gantung ini dibangun untuk menggantikan jembatan lama yang rusak karena erupsi Gunung Merapi. Tujuan pembangunan jembatan gantung ini untuk mempermudah kegiatan evakuasi apabila terjadi kembali bencana erupsi Gunung Merapi.

Jembatan Gantung Bendosari terletak di dusun Sidosari, desa Panggang, kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kondisi Jembatan Gantung Bendosari Klaten

Lokasi Jembatan Gantung Bendosari berada di lereng Gunung Merapi sebelah tenggara tepatnya di daerah Kemalang Klaten. Rute menuju ke jembatan ini dari pusat kota Klaten ke arah kecamatan Manisrenggo. Dari kecamatan Manisrenggo ikuti petunjung arah menuju Butuh atau Pasar Butuh. Dari Pasar Butuh ikuti jalan lurus naik menuju ke desa Balerante yang terdapat Pos Pemantauan Merapi Balerante. Sebelum Balerante ada papan petunjuk menuju ke jembatan gantung tersebut.

Jembatan Gantung Bendosari selesai dibangun pada bulan November 2011. Pembangunan jembatan ini dimulai setelah erupsi Gunung Merapi tahun 2010 berakhir dan berubah status menjadi aktif normal. Konstruksi yang digunakan menggunakan rangka baja sama seperti jembatan gantung yang lain. Panjang jembatan ini mencapai 60 meter dengan lebar jalan kurang dari 2 meter. Lebar yang sempit ini hanya bisa dilalui kendaraan beroda dua atau sepeda motor saja. Batasan tinggi maksimum hanya 2 meter dan batasan berat kendaraan yang melintas mencapai 1,5 ton. Lalu lintas jembatan ini cukup sepi karena hanya sedikit warga setempat yang melintas. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Jembatan Gantung Bawuran Bantul, Jembatan Pecontohan Dan Penghubung Dua Desa
INFORMASI
Jembatan Gantung Bendosari
Dusun Sidosari, Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kirim pendapat