Jelajah Pantai Glagah

Jelajah Pantai Glagah
4 (80%) 1 vote

Perjalanan kali ini menuju ke salah satu pantai yang terletak di kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju lokasi cukup mudah, hanya melewati jalan Jogja-Wates kemudian belok kiri mengikuti arah sesuai petunjuk arah menuju ke Pantai Glagah. Sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Glagah kami melewati sebuah perempatan yang merupakan pasar yang ramai dipagi hari.

Pantai Glagah yang mulai dikenal dengan Pantai Glagah Indah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Saat ini Pantai Glagah dikembangkan sebagai pelabuhan dan kawasan wisata yang dilengkapi dengan penginapan dan agrowisata.

Memasuki kawasan wisata Pantai Glagah,disebelah kiri terlihat jelas sebuah muara sungai dibagian timur. Dibagian timur muara sungai dibangun pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Dibagian barat muara sungai disebut Kawasan Dermaga Wisata yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pantai Glagah.

Kawasan Dermaga Wisata yang dibangun di tepi muara sungai ini dikembangkan sebagai wisata pelabuhan umum atau dermaga untuk kapal-kapal kecil untuk membawa wisatawan keliling muara sungai Pantai Glagah. Selain itu di kawasan ini dibangun beberapa gazebo dan sebuah gardu pandang untuk melihat pemandangan dari kejauhan.

Kami hanya berhenti di tepi jalan sambil menikmati pemandangan kawasan dermaga dan pantai dari jauh yang cukup terlihat jelas. Kemudian kami mencoba meyusuri jalan aspal sempit yang melintas di tepi Pantai Glagah dan mencoba sampai kemana jalan tersebut mengarah.

Disepanjang jalan yang berada di kawasan wisata Pantai Glagah telah terdapat fasilitas hotel dan penginapan, rumah makan dan restoran, agrowisata, dan fasilitas penunjang lainnya.

Perjalanan kami melewati beberapa kebun buah naga yang dikembangkan sebagai agrowisata pesisir pantai Glagah. Iklim pantai yang panas dan kering sepertinya cocok untuk bubidaya tanaman buah naga. Beberapa kebun buah naga dibuka sebagai wisata petik buah naga dan pengunjung bisa menikmati segarnya buah naga dengan harga yang cukup terjangkau. Kebun buah naga ini memanjang jauh ke arah barat dan menjadi kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran menikmati bermacam-macam olahan buah naga.

Merasa jalan tidak berujung, kami berhenti di area sebelah barat Pantai Glagah, sebuah area yang cukup sepi untuk menikmati indahnya Pantai Glagah. Kawasan ini masih alami dan belum terjamah oleh pembangunan kawasan Pantai Glagah. Di kawasan ini terdapat gundukan pasir pantai dan tanaman khas pesisir pantai.

Sambil menikmati pemandangan deburan ombak yang ganas, kami menyempatkan berfoto-foto ria di tepian pantai. Pasir pantai Glagah berwarna kehitaman ini mirip dengan Pasir Pantai di Parangtritis namun berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang didominasi oleh pasir putih.

Sesekali kami menemui wisatawan lain berjalan melewati tempat kami berfoto-foto dan di beberapa sudut ada beberapa orang sedang memancing ikan di laut. Kami tidak bermain air di ombak Pantai Glagah karena kebetulan ombak pantai selatan Jawa ini sedang pasang dan berbahaya untuk bermain air laut. (text/foto: annosmile)

== Tiket Masuk

Dewasa Rp2.000,-/orang

Motor Rp1.000,-/orang

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Pantai Glagah

Ada 15 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. big sugeng:

    Saya dulu pernah mukhoyyam di pantai itu,
    yang saya pingin gimna metik buah naga terus makan di situ pasti segar yaa rasanya
    waktu itu blm panen sih…

  2. Xitalho:

    nice share bro,…. selamat menikmati wisata alamnya..

  3. marsudiyanto:

    Selamat menjelajahi seluruh penjuru tanah air…
    Sukses selalu.
    Salam!!!

  4. endar:

    jalan jalan terus… senenge

  5. Jidat:

    Yess kapan2 aku diajak lo :)

  6. 'Ne:

    kebetulan saya suka banget sama pantai.. dan baru tahu nih ada pantai di kulon progo, boleh lah kapan2 coba ke sana..
    itu di foto bagus juga tapi asli atau editan ya hehe.. jadi kangen ombak :-D

  7. bangsari:

    hohoho. keren banget poto terakhirnya…

    dulu, saya punya teman yang rumahnya di glagah. jadi kalo mau berwisata ke sana bisa sekalian numpang makan, minum, sholat, mandi, tidur hingga nginep. hahahaha

  8. riFFrizz:

    haduh, poso poso moso arep metik buah naga, trus dimaem !

  9. Business & Finance:

    asik’e yang jalan-jalan ;)

  10. amri:

    baru sadar logonya baru (doh)

  11. Andy MSE:

    ngglagah cen keren… kapan ke congot?

  12. munir ardi wp:

    pantai itu mah kesukaan saya sob , tiap minggu pasti di pantai mancing

  13. Avi:

    Bisa diinformasikan Penginapan/hotel yg ada di sekitar pantai GLAGAH sekalian dgn RATE nya? Sya tunggu. Rencana saya mau ke sana dgn keluarga. Asik kali ya…?

  14. si zuhri:

    aq gax akan pernah lupa ma tmpat ini. tmpat ini sngguh asik + menarik

Kirim pendapat