Resto Jejamuran, Keunikan Aneka Masakan Jamur Di Yogyakarta

Resto Jejamuran, Keunikan Aneka Masakan Jamur Di Yogyakarta
3.5 (70%) 4 vote[s]

Jejamuran merupakan resto atau rumah makan yang menyajikan hidangan aneka masakan yang berbahan jamur. Keberadaannya cukup dikenal oleh para penikmat kuliner yang datang ke Yogyakarta karena keunikan masakan yang jarang ditemukan di tempat lain. Beberapa menu andalan rumah makan ini yang cukp terkenal antara lain sate jamur, tongseng jamur, dan jamur asam manis.

Jejamuran terletak di Jalan Pendowoharjo, dusun  Niron RT 01 RW 20, desa Pandowoharjo, kecamatan Sleman, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Tulisan Rumah Makan Jejamuran Sleman

Lokasi Resto Jejamuran berada di tepi Jalan Pendowoharjo yang tidak jauh dengan Jalan Raya Magelang-Yogyakarta. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara menuju Jalan Raya Magelang. Selama perjalanan akan melewati fly-over Jombor hingga tiba di perempatan Lapangan Denggung. Perjalanan masih dilanjutkan ke arah utara hingga menemui sebuah perempatan lampu merah kemudian pilihlah jalan ke arah kanan. Sekitar 500 meter berselang, posisi Resto Jejamuran berada di sebelah kiri jalan. Area parkir yang disediakan resto ini cukup luas hingga mampu menampung beberapa kendaraan bus besar dan puluhan kendaraan beroda empat.

Suasana Rumah Makan Jejamuran Sleman

Resto Jejamuran menyediakan menu berupa aneka masakan yang menggunakan bahan jamur. Beberapa menu masakan berbahan dasar jamur yang ditawarkan antara lain sate jamur, tongseng jamur, rendang jamur, pepes jamur, jamur asam manis, sop jamur, lumpia jamur, risoles jamur, hingga nasi goreng jejamuran. Untuk minuman sendiri ada wedang jejamuran yang menggunakan potongan jamur pada sajian minumannya. Diantara menu yang disediakan, saya memilih menu nasi goreng jejamuran karena sepertinya menarik.

Baca Juga  Pantai Ngetun Gunungkidul, Lokasinya Tidak Bikin Getun (Kecewa)

Aneka Tanaman Jamur Di Rumah Makan Jejamuran Sleman

Penyajian Nasi Goreng Jejamuran yang saya pesan disajikan diatas piring berwarna putih dengan nasi goreng yang tercetak dengan bentuk setengah lingkaran. Disamping nasi goreng ada beberapa potong tomat, mentimun, daun selada, dan beberapa potong cabe hijau sebagai lalapan atau acar. Pada bagian atas nasi goreng diberi satu buah kerupuk ikan tengiri. Padahal saya berharap kerupuk ikan tengiri tersebut diganti dengan kerupuk jamur atau jamur krispi untuk memperkuat citra nasi goreng jejamuran yang menggunakan bahan jamur dalam masakannya.

Bila diperhatikan lebih teliti, proses memasak nasi goreng Jejamuran mirip seperti nasi goreng khas Surabaya atau nasi goreng seafood. Hanya saja potongan daging ayam atau daging seafood diganti dengan jamur. Cita rasa menu nasi goreng jejamuran yang saya pesan didominasi rasa gurih, sedikit pedas, dan sedikit manis. Ukuran rasa manis masih dapat ditoleransi dan keberadaan acar yang disediakan cukup untuk mengurangi rasa manis dan menambah rasa segar pada masakan nasi goreng. Hanya saja potongan jamur dalam nasi goreng berasa kurang banyak dan hanya terlihat satu jenis jamur saja.

Nasi Goreng Jejamuran

Pengunjung yang ingin menikmati hidangan masakan jamur di rumah atau sebagai oleh-oleh disediakan aneka masakan jamur yang dikemas dalam kaleng siap santap dan kemasan keripik aneka jamur. Harga yang ditawarkan oleh Resto Jejamuran tergolong standar untuk ukuran rumah makan atau restoran di sekitar Yogyakarta. Rentang harga makanan dn minuman yang ditawarkan mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 30.000,-. Secara keseluruhan Resto dapat menjadi salah satu pilihan bersantap menu unik berbahan jamur yang letaknya tidak jauh dari kota Yogyakarta (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Resto Jejamuran
  • 7.2/10
    Nasi Goreng Jejamuran - 7.2/10
  • 6.9/10
    Jamur Merang Asam Manis - 6.9/10
  • 7/10
    Jamur Goreng Tepung Merang - 7/10
7/10
INFORMASI
Jejamuran
Jl. Pramuka (Jl. Pendowoharjo), dusun Niron RT 01 RW 20, desa Pandowoharjo, kecamatan Sleman, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55512
Telp: (0274) 868170

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Kelambit:

    Makasih gan infonya, saya juga termasuk penikmat jamur. Rasanya kepingin mampir ke sana langsung… tapi jaraknya terlalu jauh dari sini. Btw, itu yang kalengan dan keripiknya bisa order delivery gak? Kalo bisa, boleh minta nomor kontaknya gan? Terima kasih sebelumnya.

  2. Wisata solo:

    wah wah.. rasanya aneh kalau denger jamur jadi makanan.. tapi tulisan ini bener bener bikin penasaarn bikin pengen nyobain

  3. Notepam:

    lupa-lupa ingat dulu kayak pernah di kasih rekomendasi buat mampir kesini tapi belum kesampaian. kelihatannya makanannya menantang bos. hehe

Kirim pendapat