Melintasi Jalur Darat Tulungagung-Trenggalek-Ponorogo

Jalan Raya Tulungagung menuju ke Ponorogo merupakan bagian dari jalan utama selatan Pulau Jawa wilayah Jawa Timur sisi barat. Keberadaannya menjadi satu-satunya akses jalan atau jalan utama sebelum Jalan Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa selesai dibangun. Jalan penghubung Tulungagung dengan Ponorogo ini sering disebut jalan alternatif ketika jalur tengah yaitu Kediri-Ngawi-Sragen sedang mengalami macet parah. Jalan ini menjadi jalur utama bus antar kota dalam propinsi, antar kota antar propinsi, hingga truk-truk bermuatan besar.

Kondisi Jalan Melewati Gapura Perbatasan Tulungagung-Trenggalek

Perjalanan dimulai dari kota Tulungagung ke arah barat menuju kabupaten Trenggalek dengan melewati jalan utama yang menghubungkan kedua kabupaten tersebut. Kondisi jalan masih sempit untuk ukuran jalan utama. Keadaan aspal cukup baik meskipun di beberapa titik aspal sudah ditambal berulang kali. Hal ini sebenarnya kurang nyaman buat pengendara roda dua dan kadang berbahaya karena kondisi jalan menjadi bergelombang.

Kondisi Jalan Ketika Menuju Trenggalek

Setelah melewati gapura perbatasan kabupaten Tulungagung dengan kabupaten Trenggalek kondisi jalan tidak berubah. Lebar jalan utama masih tetap sama dan sedikit ada kerusakan jalan di beberapa titik yang belum diperbaiki. Selain itu kondisi jalan kurang rata karena terlalu banyak penambalan jalan dan proses pengerjaaannya kurang rapi. Keadaan jalan bergelombang menjadi hal yang umum dalam perjalanan kali ini. Hal ini membuat kurang nyaman bagi pengguna kendaraan roda dua dan sebagian kendaraan beroda empat.

Baca Juga  Akses Jalan Utama Dan Alternatif Menuju Gunungkidul

Kondisi Jalan Ketika Memasuki Kota Trenggalek

Memasuki kota Trenggalek, kondisi jalan yang dilalui cukup lebar dan beraspal baik. Hanya saja lalu lintas di pusat kota Trenggalek pada siang hari cukup ramai dan diperlukan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan. Hampir setiap jalan protokol atau jalan utama yang dilalui terdapat pembatas tengah jalan dan pohon perindang pada bagian trotoar. Saat keluar dari kota Trenggalek menuju kota Ponorogo, kondisi jalan perlahan-lahan menyempit dan aspalnya tidak sebaik yang ada di pusat kota.

Kondisi Jalan Mendekati Perbatasan Trenggalek-Ponorogo

Jalan utama penghubung antara Trenggalek dengan Ponorogo sedikit lebih baik dibandingkan dengan jalan utama antara Tulungagung dengan Trenggalek. Kondisi jalan utama Trenggalek menuju Ponorogo telah mengalami perlebaran dan perbaikan meskipun baru pada beberapa titik dan mendekati gerbang perbatasan kedua kabupaten.

Kondisi Jalan Menuju Kota Ponorogo

Untuk menuju pusat kota Ponorogo dari gerbang masuk kabupaten Ponorogo masih membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15-20 menit. Kondisi jalan yang kembali menyempit dan banyak terdapat tikungan membuat laju kendaraan tidak dapat maksimal. Selain itu, sebagai satu-satunya akses utama, jalan ini juga banyak dilewati kendaraan besar seperti truk tronton yang sulit untuk disalip. Melihat kondisi aspal jalan yang dilalui sudah cukup baik dan hanya sedikit terdapat penambalan jalan di beberapa titik. Sepertinya jalan menuju kota Ponorogo dari perbatasan Trenggalek ini belum lama mengalami perbaikan. Akhirnya setelah 15 menit berselang, kendaraan memasuki pusat kota Ponorogo. Perjalanan dari Tulungagung menuju Ponorogo melintasi kota Trenggalek menghabiskan waktu tempuh perjalanan kira-kira 1,5-2 jam. (text/foto: annosmile)

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. febriyan:

    Wah… belum pernah ke sana nih mas saya. Jalanannya bagus.

  2. nbsusanto:

    pas liat foto paling atas, memori langsung terbang ke awal tahun 2014.. bermodal sotoy 4 orang lewat jalur selatan dari kediri ke arah yogya.. bedanya, aku dulu di trenggalek belok ke selatan arah JLS trenggalek-pacitan..

  3. bersapedahan:

    punya cita2 travelling keluarga keliling pulau jawa …
    jalan ini harus masuk dalam list … :)

  4. mas mekel:

    sayangnya kalo musim hujan jalan di perbatasan trenggalek-ponorogo rawan longsor

    • admin:

      Hi mas mekel,
      Betul kondisi tebing tepi jalan cukup labil ketika tergerus air hujan :-)

Kirim pendapat