Jalur Selatan Gunung Merapi Kinahrejo Dan Pos Srimanganti

Jalur Selatan Gunung Merapi Kinahrejo Dan Pos Srimanganti
4 (80%) 3 votes

Jalur Pendakian Gunung Merapi via Kinahrejo telah ditutup lama sejak erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Jalur pendakian ini mengalami rusak parah dan terputus sehingga tidak dapat dilalui hingga mencapai puncak. Para pendaki gunung yang ingin menuju puncak Gunung Merapi disarankan melalui Jalur Selo Boyolali. Saat ini jalur selatan telah ditutup untuk pendakian namun tidak menutup kemungkin dibuka kembali karena setiap tahun rutin diselenggarakan sebagai lokasi Upacara Adat Labuhan Merapi Kraton Yogyakarta.

Zona Religi Jalur Labuhan Merapi

Lokasi Jalur Pendakian Gunung Merapi via Kinahrejo berada di di desa Kinahrejo tempat tinggal almarhum Mbah Maridjan yang sekarang dikembangkan menjadi Wisata Lava Merapi Kinahrejo dan Museum Rumah Mbah Maridjan. Rute menuju ke tempat ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara melalui Jalan kaliurang. Selanjutnya belok ke arah timur menuju ke desa Kinahrejo yang dikenal sebagai Wisata Lava Merapi Kinahrejo dan tempat persewaan Jeep Wisata Lava Tour Merapi.

Perjalanan menyusuri Jalur Selatan Pendakian Gunung Merapi dimulai dari jalan setapak disebelah atas dari Museum Rumah Mbah Maridjan. Pertama-tama jalan setapak yang dilalui cukup lebar karena sering digunakan warga setempat untuk mencari rumput di lereng gunung. Beberapa menit berselang, pengunjung akan menemukan papan nama bertuliskan selamat datang di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi Zona Religi Jalur Labuhan Merapi. Sedikit informasi yang diketahui, jalur selatan via Kinarejo ini juga menjadi jalur prosesi Labuhan Merapi yang diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta.

Jalan Setapak Di Pos 1 Jalur Selatan Gunung Merapi

Ada 3 (tiga) pos kecil yang digunakan oleh SAR sebelum tiba di Pos 1  Jalur Selatan Gunung Merapi atau dikenal dengan nama Pos 1 Srimanganti. Pos ini digunakan untuk pemantauan Tim SAR yang bertugas di lereng Gunung Merapi bagian selatan dan titik kumpul ketika melakukan evakuasi pendaki yang nekat melalui jalur ini. Selain itu pos ini juga digunakan sebagai tempat pemberhentian sementara iring-iringan prosesi Labuhan Merapi.

Gapura Sri Manganti Pos 1 Jalur Selatan Gunung Merapi

Pos 1 Srimanganti pada Jalur Pendakian Gunung Merapi dari sisi selatan merupakan titik yang diperbolehkan untuk dikunjungi masyarakat umum dan saat ini digunakan sebagai lokasi Upacara labuhan Merapi Kraton Yogyakarta. Sebelum terjadi Erupsi Gunung Merapi tahun 2010, prosesi Upacara Labuhan Merapi diselenggarakan di Pos 2 Rudal. Namun karena Pos 2 Rudal mengalami rusak parah akibat tertimbun material erupsi Merapi, lokasi upacara labuhan dipindah ke Pos 1. Gerbang kawasan Pos 1 Srimanganti ditandai dengan gapura dengan simbol atau lambang Kraton Yogyakarta dan tulisan Jawa.

Menurut informasi yang kami dapat, jalur pendakian Gunung Merapi menuju ke Pos 2 Rudal terputus namun sebenarnya masih dapat ditempuh dengan jalan alternatif ke arah kiri sebelum jalan buntu. Jalur menuju Pos 3 kondisinya hampir sama dengan jalur menuju ke Pos 2. Jalur pendakian gunung Merapi dari Kinahrejo berakhir pada area yang disebut dengan Jembatan Pasir. Pada area ini kondisi jalan sangat curam dan diapit dua jurang yang cukup berbahaya. Tidak heran bila para pendaki dilarang melewati jalur pendakian Gunung Merapi lewat Kinahrejo dan disarankan melalui jalur pendakian Selo Boyolali. (text/foto: annosmile)

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. cumilebay.com:

    Dari mulai belum erupsi dampai sekarang niat mau ke merapi masih menyala2 tapi ngak terlaksana hehehe

  2. Iqbal Kautsar:

    Perjalanan bareng mas Anno tak trasa melelahkan.. Untungnya..

    • admin:

      Hi Iqbal,
      Halah lebay klo ini :p

  3. Stella Tania:

    wah kyknya udah bisa ya kesini , kyknya seru juga liburan mendaki gunung.. :D

    Pas banget kemarin abis beli tiket ke jogja murah ! mungkin buat kalian yang mau dapet tiket murah juga bisa di coba aj langsung ke website *dihapus admin*. Semoga bisa membantu kalian yang mau mengisi waktu liburan anda ke jogja. :)

  4. anfil:

    jelek” begini..dah pernah ndaki merapi via kinahrejo di sekitar bulan oktober 93 …heheee. sampai kendit waktu itu.. alias zona bebatuan … naik hingga 100 m. blm sampe geger boyo.. nyaliku ngedropp

Kirim pendapat