Jalur Madiun-Ponorogo-Pacitan

Jalur Madiun-Ponorogo-Pacitan merupakan jalur penghubung antara kabupaten di propinsi Jawa Timur. Jalur ini memang bukan pilihan utama namun dapat mempersingkat waktu dibandingkan melewati jalan memutar melewati jalur Trenggalek yang harus ke arah timur terlebih dahulu. Khusus untuk Jalur Ponorogo-Pacitan dikenal sebagai jalur maut karena akses jalan melewati tepi jurang dan sering terjadi longor tebing ketika musim penghujan.

Kondisi Jalur Madiun-Ponorogo

Perjalanan dimulai dari kota Madiun ke arah selatan menuju ke kota Ponorogo melewati Jalan Raya Geger-Madiun yang terhubung dengan Jalan Raya Madiun-Ponorogo. Kondisi jalan yang dilalui cukup lebar dan sebagian besar sudah dua lajur kendaraan sehingga nyaman untuk dilalui. Saat memasuki wilayah Dolopo Madiun, kondisi jalan kembali satu jalur namun kondisi aspal masih cukup baik. Perbatasan Madiun-Ponorogo ditandai dengan sebuah jembatan dan gapura perbatasan. Kondisi Jalan Raya Madiun-Ponorogo kembali menjadi 2 lajur ketika memasuki daerah Babadan Ponorogo hingga tiba di area pusat kota.

Medan Jalan Lurus Ponorogo-Pacitan

Ketika memasuki persimpangan Alun-Alun Ponorogo, pilihlah jalan ke kiri mengikuti petunjuk arah ke Trenggalek/Pacitan. Selanjutnya ketika menemui persimpangan jalan besar ambil jalan ke arah kanan menuju ke arah Pacitan. Medan jalan pertama yang dilalui merupakan jalan lurus dengan kondisi aspal yang cukup baik.

Baca Juga  Perjalanan Yogyakarta-Kebumen Via Purworejo

Jembatan Putus Di Jalur Ponorogo-Pacitan

Saat melintasi area perbukitan di selatan kabupaten Ponorogo, kondisi jalan berkelok-kelok dan ada beberapa bagian aspal jalan yang mengelupas. Pengendara kendaraan diharapkan berhati-hati dalam melintas dan mengurangi kecepatan. Seteleh melewati gapura perbatasan antara kabupaten Ponorogo dengan kabupaten Pacitan, ada sebuah jembatan darurat untuk menggantikan jembatan lama yang putus akibat longsor. Letak jembatan ini tidak jauh dari ibukota kecamatan Arjosari Pacitan.

Perjalanan dari ibukota kecamatan Arjosari menuju kota Pacitan sudah mulai nyaman dengan medan jalan landai dan mulai jarang ada medan jalan berkelok. Setelah melewati gapura masuk kota Pacitan kondisi jalan cukup baik dengan medan jalan lurus hingga tiba di pusat kota. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat