Mencari Jejak Jalur Rel Kereta Api di Jalan PJKA Sleman

Mencari Jejak Jalur Rel Kereta Api di Jalan PJKA Sleman
5 (100%) 1 vote

Menelusuri sisa-sisa jalur kereta api di kabupaten Sleman ternyata lebih sulit daripada menelusuri sisa-sisa jalur kereta api yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan Bantul (Palbapang) yang notabene masih banyak ditemui potongan rel di tepi jaln dan perkampungan. Di kabupaten Sleman sendiri, sangat sedikit sekali ditemukan potongan rel kereta api di jalur kereta api penghubung kota Yogyakarta hingga ujung kabupaten Sleman yaitu bekas Stasiun Tempel.

Saya mencoba memulai penelusuran bekas jalur kereta api di kabupaten Sleman dari jalan PJKA yang terletak di selatan perempatan Denggung. Alasan mengapa saya memulai penelusuran bekas jalur kereta api ke arah utara di jalan PJKA bukan dari stasiun Tugu sebetulnya cukup jelas, bukti-bukti bekas jalur kereta api di utara stasiun Tugu hingga jalan PJKA sudah tidak ditemukan selain perkiraan alur jalur kereta api. Selain itu dilain kesempatan saya akan melakukan penelusuran khusus di bekas jalur kereta api yang terletak di utara stasiun Tugu.

Dari pertigaan tugu adipura kabupaten Sleman yang terletak di selatan perempatan Denggung, saya memulai penelusuran. Jalan PJKA ini dahulu merupakan jalur kereta api yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi jalan umum. Terlihat jelas belokan jalan ke kiri yang berciri tikungan jalur kereta api. Tak lama kemudian, saya menemukan bekas tiang sinyal yang masih berdiri tegak di tepi jalan. 

Bekas tiang sinyal kereta api masih utuh dan tertutup oleh rerimbunan pohon yang ditanam di tepi jalan. Saya menemukan beberapa bekas tiang sinyal kereta api di sepanjang jalan ini. Sepertinya saat jalur kereta api dialihfungsikan sebagai jalan umum, tiang-tiang sinyal tersebut sengaja tidak dibersihkan. Bekas tiang sinyal kereta api tersebut sebagai tanda bahwa jalan umum yang dilalui kendaraan umum ini dahulu merupakan jalur kereta api.

Potongan rel kereta api di Jalan PJKA sepertinya tidak ditemukan lagi karena telah diangkut saat alihfungsi jalur kereta api menjadi jalan umum. Meskipun demikian, tuas pengganti rel masih terlihat di halaman sebuah bangunan yang diperkirakan sebagai bekas Stasiun Beran. Stasiun Beran ini terletak di Jalan PJKA ini saat ini digunakan sebagai Pos Kodim (Koramil) Sleman. (text: annosmile foto: ps negoro)

Kirim pendapat