Icip-Icip Mie Ayam Siomay Di Istana Mie & Es Yogyakarta

Istana Mie & Es merupakan pilihan bersantap mie ayam di dalam Hartono Mall Yogyakarta. Usaha mie ayam ini merupakan franchise dan telah banyak membuka cabang di puluhan kota di Indonesia khususnya pulau Jawa. Restoran ini juga menyediakan menu lain selain mie yaitu aneka es, aneka juice, aneka suki, aneka nasi, dan aneka pelengkap.

Istana Mie & Es beralamat di Lower Ground (LG) Hartono Mall, Jalan Ring Road Utara, dusun Kaliwaru, desa Condongcatur, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281.

Lokasi salah satu cabang Istana Mie & Es di Yogyakarta berada didalam Hartono Mall Yogyakarta. Posisi restoran ini satu lantai dengan Ace Hardware dan Informa serta berdampingan dengan restoran lain yaitu Es Teler 77. Pengunjung yang datang dipersilakan duduk, memesan makanan, dan langsung membayar pesanan di kasir. Pesanan akan diantarkan ke meja pengunjung apbila siap disajikan.

Penyajian mie ayam siomay di Istana Mie & Es sama seperti penyajian mie ayam Jakarta dimana disajikan terpisah antara mie dengan kuah berikut siomaynya. Mangkuk pertama berisi bakmi atau bihun, topping telur diiris lembut, topping daging ayam yang lembut, dan daun sawi hijau rebus. Mangkuk kedua berisi kuah dengan sedikit irisan daun loncang dan 1 (satu) buah siomay rebus. Kecap asin, kecap manis, sambal, dan bubuk lada disediakan di setiap meja makan.

Baca Juga  Mie Kadut Pertama, Katanya Yang Paling Awal Diantara Nama Bakmi Kadut Lain Di Jakarta

Saat dicicipi mienya terasa cukup lembut namun sedikit terlihat sedikit kematangan. Selain itu bakmi terasa kurang menyerap bumbu mie yang dicampurkan atau memang takaran bumbunya kurang pas. Bagi saya pribadi karakter mie yang digunakan ada kemiripan dengan cwie mie di Depok Pangsit Bromo Pojok Malang. Topping ayam berisi daging ayam yang dirajang halus seperti abon ayam dengan bumbu ringan. Topping ayam semacam ini kadang kurang disukai karena tidak dapat digigit karena langsung lumer di mulut. Kemasan topping ayam semacam ini pernah saya dapatkan di Mie Ayam Lampung Uno. Untuk otongan daun sawi hijau jumlahnya cukup melimpah dan dengan kematangan yang pas.

Secara keseluruhan cita rasa mie ayam siomay di Istana Mie & Es cenderung gurih dengan rasa condong ke arah asin. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Untuk siomaynya cukup menarik dicicipi dengan cita rasa yang tidak mengecewakan. Bumbu siomay cukup meresap dengan rasa ikan laut sebagai bahan penyusunnya. Harga yang ditawarkan tergolong mahal namun standar di pusat perbelanjaan atau mall. Secara keseluruhan Istana Mie & Es dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam di dalam Hartono Mall Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat