Internet For Kids Sekarang dan Nanti

Internet For Kids Sekarang dan Nanti
Rate this post

Di sudut pinggiran kota Surakarta yang masuk wilayah kabupaten Sukoharjo, ada sebuah tempat menarik dimana terdapat sebuah warung internet (warnet) yang disediakan khusus anak-anak. Tempat yang dinamakan Internet For Kids ini sudah berdiri beberapa tahun yang lalu disebuah rumah dan juga sebagai tempat tinggal.

Internet For Kids (selanjutnya disebut IFK) adalah wahana belajar komputer dan internet untuk anak-anak. Tujuannya untuk mendukung pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) di yang diterima di sekolah baik di tingkat SD, SMP, dan SMA.

Ketika tiba di lokasi, kesan pertama saya jauh dari bayangan saya mengenai Internet For Kids. Sebuah rumah sederhana tanpa sepanduk atau papan iklan apapun dan hanya bertuliskan kecil di atap “Internet For Kids”. Usut punya usut dahulu tempat ini ada spanduk besar di depan rumah namun ikut tersapu saat pembersihan atribut partai pada zaman pemilu beberapa tahun yang lalu.

Sejarah Internet For Kids pernah dikembangkan oleh Pattiro Solo pada tahun 2007 namun terhenti. Dua tahun yang lalu kegiatan Internet For Kids dibangkitkan kembali oleh Andi MSE dengan sebutan Internet For Kids 2.0.

Memasuki ruangan dalam, saya langsung disambut oleh mas Andy MSE sang pemilik Internet For Kids. Kemudian saya ditunjukkan aktivitas yang terjadi di ruang komputer yang terdapat akses internet. Terlihat beberapa anak yang sedang menggunakan internet di komputer yang berjajar di sebuah ruangan.

Saat ini Internet For Kids sendiri sudah tersedia komputer sebanyak lima buah yang terhubung dengan koneksi internet yang cukup cepat. Penggunaan sistem operasi pada PC (Personal Computer) sudah legal dengan menggunakan Free Open Source Software (FOSS) atau Software Terbuka yang gratis untuk digunakan yaitu Linux dengan distro Ubuntu dan Fedora.

Menurut Andy MSE, tidak perlu mengumpulkan uang 70 juta dahulu untuk menyediakan internet murah untuk anak-anak. Cukup sedikit uang dan kemauan pasti akan terlaksana. Biaya penggunaan Internet untuk anak ini sekitar Rp2.000,-/jam dan terdapat paket yang menarik ketika anak mendapat rangking di sekolah.

Peraturan di Internet For Kids, penggunaan akses internet bagi anak-anak dibatasi maksimal dua jam untuk setiap hari karena penggunaan akses internet yang melebihi batas dua jam dirasa kurang efektif dan tidak baik bagi kesehatan mata. Selain itu akses internet di tempat ini terbilang cukup aman karena menggunakan fasilitas filter atau pemblokiran konten-konten dewasa yang berbahaya bila diakses oleh anak usia dini. Selain itu operator Internet For Kids selalu memberikan pengarahan dan pengajaran yang baik apabila si anak kesulitan mengoperasikan komputer dan internet.

Mengenai pendanaan kegiatan Internet For Kids ini berasa dari uang pribadi dan sumbangan dari donatur umum yang terus menerus mengalir setiap bulannya. Salut kegiatan Internet For Kids tetap berjalan walaupun belum ada donatur besar yang melirik gerakan sosial ini. Ini bukti kerja keras pemilik sekaligus pengembang Internet For Kids generasi dua ini dan di dukung oleh masyarakat sekitar. Semoga kedepannya Internet For Kids melebarkan sayap membuka cabang di berbagai kota di Indonesia dan ikut mencerdaskan anak Indonesia.

=== Alamat

Internet For Kids 2.0

Jl. Pinang No. 4, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo 57169, Telp: 0271 743909

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Andy MSE:

    terharu…
    suwun sudah mendukung pengembangan IFK dengan publikasi ini… :-)

  2. Riffrizz:

    “Usut punya usut dahulu tempat ini ada spanduk besar di depan rumah namun ikut tersapu saat pembersihan atribut partai pada zaman pemilu beberapa tahun yang lalu.” <– dikira ada partai baru, partai "IFK" :D wkwk, salut untuk IFK, semoga terus berkembang !!

  3. Pojok Pradna:

    melu terharu…
    emang keren masbro yang satu ini

  4. budiono:

    di hitechmall surabaya sudah ada internet for kids sejak dulu kala lang, tapi saiki wes mati koyone..

  5. Sugeng:

    Salut untuk Internet For Kids, sukses untulk kedepan nya :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Kirim pendapat