Hutan Wonolagi Gunungkidul, Asyiknya Menjelajah Keliling Hutan

Hutan Wonolagi Gunungkidul, Asyiknya Menjelajah Keliling Hutan
Rate this post

Hutan Wonolagi merupakan salah satu area hutan yang berada di kawasan Playen Gunungkidul. Keberadaan hutan ini cukup dekat dengan Desa Wisata Jelok karena keduanya berbatasan langsung. Beberapa informasi menyebutkan bahwa Desa Wisata jelok juga mengembangkan wisata jelajah alam di sekitar hutan tersebut. Daya tarik utama hutan tersebut adalah pemandangan alam yang indah dari salah satu puncak bukit dan suasana hutan yang masih cukup alami.

Hutan Wonolagi dikelola oleh RPH Wonolagi dengan luas 554,90 Ha menempati wilayah dusun Wonolagi, desa Ngleri, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Jalan Menuju Hutan Wonolagi Gunungkidul

Perjalanan kami lakukan setelah puas menikmati wisata alam di Desa Wisata Jelok dengan melewati jalanan yang terbuat dari cor semen. Kemudian menyusuri jalanan yang menanjak dimana dengan motor biasa cukup sulit dileati bila dinaiki secara berboncengan. Untuk saja kami bertiga mengendarai kendaraan sendiri-sendiri sehingga medan yang kami lalui tidak terlalu sulit.

Pengelolaan hutan rakyat di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan pemerintah berupa sertifikat Verifikasi Legalitas Kayu (VLK). Sertifikat VLK hanya diberikan untuk tiga kabupaten di Indonesia, yakni Gunungkidul, Blora dan Wonosobo.

Rerimbunan Pohon Di Hutan Wonolagi Gunungkidul

Jalan menanjak tersebut lumayan panjang dan di beberapa titik cukup tajam dan jalanan berubah menjadi jalan baru sehingga harus ekstra hati-hati. Saya melihat lahan di sebelah kiri dan kanan jalan sudah digunakan sebagai ladang penduduk dan beberapa ilalang yang lebat. Lingkungan terlihat panas dan gersang karena tidak terdapat pohon-pohon besar yang rindah di tempat ini. Ketika kami berpapasan dengan orang yang mencari rumput, kami baru mengetahui bahwa kawasan ini termasuk kawasan hutan Wonolagi.

Area Perbukitan Di Hutan Wonolagi Gunungkidul

Tiba di sebuah puncak bukit, pemandangan dari kejauhan cukup indah. Terlihat jajaran pegunungan seribu yang luas dan nyaman dilihat oleh mata. Lagi-lagi kawasan ini tidak terdapat pohon-pohon yang rindang. Yang tersisa hanyalah ilalang-ilalang yang tumbuh liar dan dimanfaatkan oleh penduduk untuk pakan ternaknya. Sungguh disayangkan banyak kawasan perbukitan di Gunungkidul telah hilang fungsinya sebagai kawasan hutan terlebih yang dahulunya tergolong hutan lindung.

Kami terus mencoba menyusuri kawasan hutan yang sebagian besar telah berubah menjadi hutan gundul dan beralih fungsi menjadi ladang pertanian. Bukit demi bukit kami lewati hingga tiba di sebuah bukit yang masih penuh dengan pohon Mahoni, Jati, dan tanaman lain sepertinya masih alami dan merupakan tanaman asli yang masih tersisa. Kami behenti di kawasan ini sambil mengamati lingkungan tempat ini. Terdengar bunyi-bunyi burung liar membuat kami berpikir tempat ini masih alami dan cocok sebagai habitat hewan-hewan liar.

Ketika beberapa puluh meter meninggalkan kawasan hutan lebat ini, suasana lingkungan kembali berubah menjadi hutan gundul. Terlihat gersang di kanan kiri jalan dan hanya terdapat tanaman rumput dan ilalang yang hidup di kawasan ini. Kami cukup miris melihat pemandangan ini karena sebagian besar hutan Wonolagi sudah habis dan hanya tinggal beberapa petak yang masih alami dan terancam kerusakan serta kepunahannya.

Pemandangan Sungai Oyo Dari Hutan Wonolagi Gunungkidul

Kami terus menelusuri jalan hutan yang gundul ini mencari jalan keluar kawasan hutan. Tiba disebuah tanjakan dan kembali memasuki kawasan pos penjagaan hutan, suasana alam  hutan yang gundul tiba-tiba kembali berubah menjadi kawasan hutan yang lebat. Terlihat aneh memang mengapa hal seperti ini biasa terjadi di hampir semua kawasan hutan di Indonesia. Akhirnya setelah melewati kawasan pos penjagaan hutan Wonolagi, akhirnya kami melewati kawasan pemukiman dan menemui jalan raya yang mengakhiri perjalanan kami melewati kawasan hutan. (text/foto: annosmile)

BERITA

30 September 2012 – Penemuan mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan di kawasan Hutan Wonolagi, Desa Ngleri, Kecamatan Playen, Gunungkidul

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Riffrizz:

    jadi ini ceritanya menyusuri hutan-hutan gundul :D

  2. Rusa:

    Kawasan-kawasan hutan begini banyak banget di Bawean. Kalo ke tempat-tempat wisata yang ada di bawean juga melelwati beberapa hutan seperti ini kak :D

  3. pututik:

    itu lebih tepat kalo disebut hutan pendek :D

Kirim pendapat