Hutan Pinus Kalilo Purworejo, Wisata Hutan Pinus Di Perbatasan Jateng-Jogja

Hutan Pinus Kalilo merupakan salah satu wisata hutan pinus di Perbukitan Menoreh yang masuk wilayah kabupaten Purworejo. Wisata hutan ini menawarkan daya tarik wisata sunrise (matahari terbit) dan wisata outbound. Nama hutan pinus ini mulai dikenal sejak dipublikasi di sosial media seperti instagram dan facebook.

Hutan Pinus Kalilo beralamat di dusun Kalilo, desa Tlogoguwo, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54175.

Lokasi Hutan Pinus Kalilo berada di area hutan pinus yang masuk wilayah kecamatan Kaligesing Purworejo. Akses menuju wisata hutan ini lebih mudah diakses dari kabupaten Kulon Progo daripada kabupaten Purworejo sendiri. Rute menuju wisata hutan pinus ini dari simpangan jalan setelah Goa Kiskendo ambil jalan lurus melewati perbatasan provinsi antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Ikuti petunjuk arah menuju wisata Hutan Pinus Kalilo hingga tiba di lokasi.

Area parkir wisata Hutan Pinus Kalilo berada di sisi kanan jalan dan cukup luas untuk menampung sekitar 30 lebih kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan roda dua. Ada petugas parkir yang selalu siap mengatur dan mengarahkan parkir pengunjung. pada sisi kiri jalan merupakan lokasi wisata Hutan Pinus Kalilo yang dikembangkan sebagai obyek wisata.

Pintu masuk wisata Hutan Pinus Kalilo dibangun sebuah gapura, loket tiket masuk, dan beberapa rumah kayu untuk pedagang makanan dan minuman. Desain bangunanny cukup menarik dan dapat dijadikan salah satu spot foto. Konsep dan penataan kawasan wisata ini sekilas mirip atau mungkin meniru konsep penataan wisata Hutan Pinus Mangunan di Dlingo Bantul.

Baca Juga  Kawasan Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul

Secara geografis, Hutan Pinus Kalilo terletak di kawasan Perbukitan Menoreh pada ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan air laut. Hutan ini dikembangkan menjadi obyek wisata sejak tahun 2017 dan dikelola oleh masyarakat desa setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Seluruh area hutan wisata ini merupakan lahan milik Perhutani.

Pepohonan Hutan Pinus Kalilo terlihat kurang rapat dan beberapa terlihat bekas penebangan pohon untuk pembangunan kawasan. Hal ini membuat sinar matahari tembus ke area dasar pohon dan terasa kurang teduh. Walaupun demikian pengunjung masih dapat merasakan sejuknya suasana pegunungan dan angin yang sepoi-sepoi.

Pengelola saat ini lebih mengkhususkan kawasan hutan ini menjadi lokasi outbound dan wisata selfie yang cukup banyak diminati oleh anak muda. Di beberapa titik kawasan hutan pinus dibangun beraneka spot selfie yang memanjakan pengunjung. Beberapa diantaranya gratis diguunakan untuk berfoto dan beberapa diantaranya dipungut biaya untuk perawatan dan pengelolaan.

Fasilitas pendukung wisata di Hutan Pinus Pengger cukup lengkap mulai dari kamar mandi umum, mushola, warung penjaja makanan dan minuman, serta yang menarik adalah free internet access (WiFi). Fasilitas Wifi ini cukup membantu pengunjung yang ingin segera mengupload foto dan video mereka ke sosial media tanpa kesulitan mencari ssinyal selulrer. Pengunjung diharapkan menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah ditempat yang disediakan. Ada beberapa tong sampah di beberapa titik dan diharapkan ditambah lagi. Secara keseluruhan Hutan Pinus Kalilo dapat menjadi alternatif wisata hutan pinus di Perbukitan Menoreh yang lebih didominasi oleh wisata puncak perbukitan dan air terjun. (text/foto: annosmile)

RETRIBUSI
  • Tiket Masuk : Rp 5.000,-/orang
  • Sewa Tenda : Rp 25.000,- s/d Rp 30.000,- /orang
  • Parkir Motor : Rp 2.000,-
  • Parkir Mobil : Rp 5.000,-
INFORMASI
Hutan Pinus Kalilo
Dusun Kalilo, desa Tlogoguwo, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54175

Kirim pendapat