Hutan Pinus Asri, Wisata Alam Alternatif Di Mangunan Bantul

Hutan Pinus Asri, Wisata Alam Alternatif Di Mangunan Bantul
2.33 (46.67%) 3 votes

Hutan Pinus Asri merupakan daya tarik wisata hutan pinus alternatif selain wisata Hutan Pinus Sari yang dikenal dengan nama Hutan Pinus Mangunan. Hutan pinus ini menawarkan daya tarik wisata yang tidak jauh berbeda dengan hutan pinus lain. Keberadaannya belum banyak dikenal karena belum lama dibuka dan belum banyak dipromosikan.

Hutan Pinus Asri terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Hutan Pinus Asri berdekatan dengan lokasi Hutan Pinus Mangunan. Rute menuju ke tempat ini hampir sama seperti rute menuju Hutan Pinus Mangunan. Sesampai Hutan Pinus Mangunan perjalanan masih dilanjutkan dengan mengikuti jalan aspal sejauh 500 meter dan akhirnya tiba di kawasan Hutan Pinus Asri.

Hutan Pinus Asri belum lama dikembangkan menjadi obyek wisata oleh masyarakat setempat dan hampir bersamaan dengan pengembangan obyek wisata Seribu Batu Songgo Langit yang ada di dekatnya. Hutan pinus ini menggunakan wilayah area hutan dibawah pengelolaan RPH Mangunan seperti hutan pinus yang lainnya. Kontur tanah hutan pinus ini miring ke bawah atau dari atas bukit menuju ke daerah lembah. Pengunjung yang akan berkeliling kawasan hutan pinus menuruni anak tangga yang dibuat dari kayu menuju ke beberapa spot seperti gardu pohon dan latar berbentuk bintang.

Pepohonan Hutan Pinus Asri bisa dibilang rapat walaupun terkesan longgar dan tidak jauh berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan.

Daya tarik gardu pohon dan latar berbentuk bintang di Hutan Pinus Asri sepertinya belum mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke tempat ini. Sebagian besar pengunjung lebih memilih berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan yang sudah terkenal dengan daya tarik dan berfasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas pendukung wisata yang ada masih cukup terbatas dan baru tersedia warung penjaja makanan saja. Secara keseluruhan Hutan Pinus Asri masih harus banyak berbenah dengan menambah daya tarik wisata pengunjung yang unik dan berbeda dari daya tarik hutan pinus yang lebih dulu dibuka. Selain itu perlu segera dibangun fasilitas pendukung wisata dan daya tarik wisata lain yang unik agar pengunjung betah ketika berada di lokasi. (text/foto: annosmile)

-----------

Kirim pendapat

error: Content is protected !!