Pengalaman Bermalam Di Hotel Karanganyar Indah Banyumas

Hotel Karanganyar Indah merupakan hotel yang berada di tepi Jalan Raya Buntu-Jatilawang Banyumas sebagai akses utama penghubung Bandung/Jakarta ke Yogyakarta dan sebaliknya. Hotel ini dikembangkan menjadi tempat transit atau beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap untuk ukuran hotel berkelas melati.

Karanganyar Indah Hotel dan Resto (KAI) terletak di Jalan Raya Jatilawang-Buntu, desa Karanganyar, kecamatan Jatilawang, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bangunan Hotel Karanganyar Indah Banyumas

Lokasi Hotel Karanganyar Indah cukup strategis karena berada di tepi Jalan Nasional Lintas Selatan Pulau Jawa atau lebih dikenal sebagai Jalan Raya Jatilawang-Buntu. Posisi hotel ini berada di sebelah barat Jembatan Sungai Serayu atau setelah melewati Buntu menuju ke Bandung dari arah timur. Cukup mudah menemukan hotel ini karena papan namanya cukup besar dan menjadi satu dengan sebuah restoran yang memiliki halaman parkir cukup luas. Posisi hotel berada di samping restoran dan sedikit ke arah belakang.

Dari segi fasilitas, Hotel Karanganyar Indah Banyumas memiliki fasilitas seperti hotel-hotel kelas melati pada umumnya di kabupaten Banyumas. Sebut saja kamar mandi dalam,fan, AC, TV, air panas (water heater), dan fasilitas ini disesuaikan dengan kelas kamar yang disediakan. Ukuran kamar sekitar 3 x 3 meter dan dapat menampung 2 hingga 3 orang dengan tambahan extra bed. Kamar yang kami pilih adalah kamar dengan satu tempat tidur yang cukup untuk dua orang dengan fasilitas AC, TV, dan kamar mandi dalam yang dilengkapi shower.

Kondisi Lorong Depan Kamar Hotel Karanganyar Indah Banyumas

Kamar yang kami pilih di Hotel Karanganyar Indah Banyumas bertipe Deluxe B Room terlihat bersih dan beberapa perabot nampak masih baru. Sepertinya hotel ini belum lama dibangun dan masih tampak beberapa bagian hotel yang belum selesai dibangun. Ukuran kamar 3 x 3 meter kurang ini terlihat sempit karena kasur atau springbed hampir memenuhi isi ruangan. Bila AC kamar tidak dihidupkan ruangan kamar terasa pengap karena tidak ada ventilasi udara ke luar ruangan. Untuk kamar mandi sendiri hanya dilengkapi dengan ember, closet atau wc jongkok, dan shower. Kondisi shower sendiri kurang lancar saat digunakan dan akhirnya kembali menggunakan ember yang disediakan.

Baca Juga  Pengalaman Bermalam Di Homestay Larasati Pantai Klayar Pacitan

Dari segi harga, harga yang ditawarkan Hotel Karanganyar Indah Banyumas tergolong standar dan hampir sama dengan hotel-hotel kelas melati lain di sekitar pusat kota Purwokerto Banyumas. Bisa dibilang harga atau tarif antar hotel yang satu dengan hotel yang lain tidak berbeda jauh. Tidak ada perbedaan tarif menginap antara hari-hari biasa dengan hari libur. Untuk kelas kamar, Hotel Karanganyar Indah terbagi dalam tiga kelas kamar yaitu Economy Room, Standart Room, Deluxe B Room, Deluxe A Room, dan VIP Room dengan tarif paling murah sekitar 100ribuan.

Salah Satu Kamar Hotel Karanganyar Indah Banyumas

Dari segi layanan, Hotel Karanganyar Indah Banyumas hanya memberikan layanan berupa makan pagi atau breakfast untuk dua orang dan welcome drink berupa air putih (mineral water). Untuk makan siang dan makan malam, tamu hotel dipersilakan memesan menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh restoran yang merupakan bagian dari hotel tersebut. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Restoran Karanganyar Indah ini cukup beragam dan harganya tercantum jelas. Hanya saja tamu hotel harus memesannya dilobi hotel karena di kamar tidak tersedia telepon kamar untuk memanggil layanan kamar. Alternatif lain, tamu hotel bisa membeli makanan dan minuman dari luar area hotel. Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang dijual di tepi Jalan Raya Jatilawang karena merupakan akses jalan utama yang ramai dilewati kendaraan.

Secara keseluruhan Hotel Karanganyar Indah Banyumas dapat dijadikan salah satu pilihan untuk menginap di tepi Jalan Nasional Pulau Jawa yang melintasi daerah Jatilawang kabupaten Banyumas. Tidak banyak hal yang dapat diharapkan kepada hotel kelas melati di kota kecil dan diharapkan pengunjung maklum dengan keadaan yang ada. Beberapa kekurangan dan kekurangan yang kami sebutkan semoga mendapat tindak lanjut dari pengeola hotel. Harga yang ditawarkan tergolong standar bila dibandingkan dengan hotel kelas melati di kota-kota besar. Pengunjung atau tamu yang ingin bermalam di hotel ini tidak perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu karena jarang sekali penuh oleh tamu. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Hotel Sekitar Jalan Raya Junggo Batu

RATE (HARGA SEWA)

Economy Room. Fasilitas: Fan, Breakfast, Kamar Mandi Dalam : Rp 100.000,-

Standart Room. Rp 150.000,-

Deluxe B Room. Rp 200.000,-

Deluxe A Room. Rp 225.000,-

VIP Room. Rp 250.000,-

KETERANGAN

  • Tarif termasuk breakfast untuk 2 orang
  • Extra bed tidak termasuk breakfast
  • Waktu breakfast mulai pukul 06.30 s/d 09.30
  • Check-in lebih dari pukul 12.00, check-out hari berikutnya pukul 12.00
  • Check-in kurang dari pukul 07.00, check-out hari yang sama pukul 12.00
  • Check-in paling awal pukul 07.00
  • Check-out paling lambat pukul 12.00
  • Kelebihan waktu dihitung 50% harga kamar sebelum pukul 16.00 dan dihitung 100% harga kamar setelah pukul 16.00
  • Menerima pemesanan atau reservasi kamar
INFORMASI
Karanganyar Indah Hotel dan Resto (KAI)
Jl. Raya Jatilawang-Buntu, desa Karanganyar, kecamatan Jatilawang, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Telp: (0281) 657 5479

Kirim pendapat