Pengalaman Bermalam Di Homestay Tembi Bantul

Pengalaman Bermalam Di Homestay Tembi Bantul
3.7 (73.33%) 3 votes

Homestay Tembi merupakan tempat menginap di dekat Jalan Parangtritis atau selatan kota Yogyakarta. Konsep yang dibangun homestay ini adalah penginapan dengan arsitektur tradisional dengan rumah kayu Jawa (limasan) dan suasana pedesaan Yogyakarta. Homestay ini dikelola oleh Desa Wisata Tembi yang juga menyediakan layanan outbound, pelatihan kerajinan, dan kesenian tradisional (gamelan, karawitan).

Homestay Tembi terletak di kawasan Desa Wisata Tembi, Jalan Parangtritis km 8,5, dusun Tembi, desa Timbulharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Homestay Tembi berada diantara Jalan Parangtritis dengan Jalan Imogiri Barat namun lebih dekat diakses dari Jalan Parangtritis. Rute menuju lokasi dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Parangtritis hingga kilometer 8,5 (Jalan Paris km 8.5). Beberapa puluh meter setelah melewati sebuah pertigaan lampu merah, ada pertigaan kecil yang mengarah ke timur. Ambil jalan ke arah timur tersebut sejauh kurang lebih 100 meter. Perhatikan sisi kanan jalan ada papan petunjuk arah menuju ke Homestay Tembi dan Desa Wisata Tembi. Posisi homestay tersebut berada di tengah-tengah perkampungan penduduk dan dekat dengan area persawahan. Area parkir yang disediakan tidak luas namun cukup menampung belasan kendaraan roda empat.

Homestay Tembi merupakan tempat menginap yang dikemas dengan suasana pedesaan khas Yogyakarta. Pengunjung yang dapat berkunjung dan menginap akan berkesan seperti kembali ke jaman dahulu. Dalam satu kompleks terdiri dari beberapa rumah kayu tradisional (limasan), joglo, taman, persawahan, kolam ikan, gasebo, area outbound, dan area parkir. Setiap rumah kayu tradisional berisi antara 1 (satu) hingga 3 (tiga) kamar dengan bentuk dan ukuran yang hampir sama.

Kamar yang disediakan cukup bervariasi mulai dari kamar dengan single bed, double bed, hingga enam bed. Seluruh kamar dilengkapi fasilitas AC, TV, kamar mandi dalam yang dilengkapi dengan shower dan air panas, meja kursi, dan lemari besar. Walaupun dikemas secara tradisional, standar fasilitas yang ada tidak kalah dengan hotel hotel berbintang 3 (tiga). Selain itu fasilitas internet Wifi sebenarnya disediakan namun hanya bisa diakses di restoran dan lobby homestay saja atau belum menjangkau ke seluruh kamar.

Fasilitas kamar yang disediakan Homestay Tembi cukup lengkap mulai dari peralatan mandi tamu seperti handuk, sikat, pasta gigi, sabun mandi, dan shampo. Pada sebuah meja samping lemari disediakan coffe/tea set atau alat pemanas air listrik (kettle electric) beserta bahan pembuat minum seperti teh celup, kopi sachet, kremer kopi sachet, dan gula pasir sachet. Tidak ketinggalan pula welcome drink berupa 2 (dua) botol air mineral berukuran 500 ml.

Dari segi layanan, Homestay Tembi hanya memberikan layanan berupa layanan kamar, makan pagi atau breakfast, welcome drink berupa air mineral (mineral water), dan sebagainya. Untuk makan siang dan makan malam, tamu homestay dipersilakan memesan menu makanan dan minuman di restoran atau rumah makan yang terdapat di dalam homestay. Atau bisa saja membeli makanan di luar homestay karena didekat homestay ada beberapa wisata kuliner yang menarik dicicipi seperti Sego Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto belakang ISI Yogyakarta, Bebek Goreng Kang Dono di Jalan Parangtritis, dan Sate Kambing Klathak Pak Pong Jejeran. Dari segi harga, harga yang ditawarkan Homestay Tembi tergolong mahal dibandingkan fasilitas yang didapatkan. Hal ini dikarenakan konsep menginap dengan suasana pedesaan dan kemasan tradisional yang dijual oleh tempat ini. Bila anda berbudget rendah, silakan mencari penginapan yang biasa-biasa saja dan harganya lebih terjangkau. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Homestay Tembi
Desa Wisata Tembi, Jalan Parangtritis km 8,5, dusun Tembi, desa Timbulharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
Telp: (0274) 2810338
Website: http://www.homestaytembi.com
Email: tembidesawisata@gmail.com

Kirim pendapat