Review Helm KYT Venom RF

Helm merupakan atribut penting bagi pengendara dan penumpang sepeda motor. Pemilihan helm berdasarkan kualitas dan harga pun mutlak dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan pengguna sepeda motor. Dalam memilih helm pun saya tidak sembarangan membeli dari aspek model saja, tapi dari segi kualitas dan kenyamanan saat digunakan. Pada pertengahan 2013 saya kembali membeli sebuah helm yang diproduksi pabrikan KYT dengan tipe Venom RF.

Helm Kyt Venom RF

Kenyaman dalam menggunakan helm cukup penting mengingat saya sering melakukan touring bersama kawan-kawan. Bukan masalah gengsi atau mahal dalam membeli helm namun untuk kenyamanan dan keamanan berkendaran. Sempat saya berpikiran mencoba helm pabrikan lain namun mengurungkan niat dan akhirnya memilih helm ini. Helm KYT tipe Venom RF ini dibeli disalahsatu toko helm di kota Yogyakarta setelah tidak menemukan barang yang dimaksud di pedagang helm kakilima sekitar Kotabaru Yogyakarta. Harga yang ditawarkan hampir sama dengan harga yang ditawarkan pedagang kakilima, bedanya di toko kita tidak dapat menawar harga helm.

Helm KYT tipe Venom RF dengan warna hitam ini akhirnya menjadi pilihan saya untuk menggantikan helm tipe Scorpion King dengan pabrikan serupa yang hilang dicuri orang di area parkir seputaran kota Yogyakarta. Sebelumnya saya cukup puas dengan KYT tipe Scorpion King, namun beberapa kelemahan pada KYT tipe Scorpion King membuat saya mengurungkan diri membeli helm dengan tipe serupa. Langsung saja dalam paketan helm KYT tipe Venom RT hanya disertakan helm, sarung helm, dan kardus helm.

Baca Juga  Review Helm KYT Scorping King

Tombol Visor

Fitur yang ditawarkan dalam helm KYT tipe Venom RF ini hampir sama dengan helm KYT tipe Scorping King yaitu double visor, lubang kunci anti maling (Anti Theft System), busa yang bisa dilepas (Removable Liner) dan sistem penguncian helm model biasa. Tidak terlihat fitur yang istimewa yang disematkan dalam helm KYT tipe Venom RF ini, seperti model penguncian terbaru yakni quick release, extended peak sebagai visor tambahan, dan sebagainya. Dilihat dari segi kualitas helm KYT cukup diacungi jempol dimana dibuat dari bahan thermoplastic yang lentur, tidak mudah pecah, serta kuat, kualitas cat yang tanah terhadap sinar matahari dan ultraviolet, telah mengantongi standar helm internasional yaitu DOT dan standar helm nasional yaitu SNI,

Dari segi kenyamanan sudah tidak perlu dibuktikan lagi, semua helm KYT cukup nyaman dipakai dan tidak perlu lalu memikirkan kualitas produk helmnya. Busa yang mudah dilepas pasang memudahkan penggunaan untuk membersihkan helm dan mengeringkan busa yang basah kena air. Mengenai model helm ini merupakan selera masing-masing pengguna dan saya cukup puas dengan model helm KYT tipe Venom RF ini yang terlihat cukup elegan. Masalah klasik mengenai helm KYT dengan fitur Anti Theft System yang belum disertakan kunci pengaman dalam paketan helm seharusnya menjadi perhatian utama bagi pabrikan helm KYT karena dalam pembelian helm KYT tipe Venom RF ini tidak sertakan kunci pengaman dan harus membeli secara terpisah. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Tips Memilih Helm Motor

Harga

  • Sekitar Rp 275.000,- ke atas

Fitur KYT Venom RF

  • Double Visor Technology (kaca depan: bening, kaca belakang: gelap)
  • Anti Theft System (lubang kunci anti maling)
  • Removable Liner (busa yang bisa dilepas)

Kelemahan Helm KYT Venom RF

  • Kunci pengaman harus dibeli secara terpisah (harga sekitar Rp25.000,-)
  • Mekanisme buka tutup kaca cukup sempit dan rawan terjadi baret pada kaca
  • Harga lebih mahal daripada helm serupa tanpa lisensi DOT

Kirim pendapat