Secangkir Magic Coffee Dari Hayati Specialty Coffee Jogja

Hayati Specialty Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di daerah Demangan Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal oleh para penikmat kopi karena variasi olahan ko pinyacukup lengkap dan tempatnya cukup nyaman karena jauh dari keramaian lalulintas. Asal-usul penggunaan nama Hayati sebenarnya cukup sederhana dimana hayati bermakna hidup dan kebanyakan kehidupan seseorang beriringan dengan menikmati secangkir kopi setiap harinya.

Hayati Specialty Coffee beralamat di Jalan Demangan Baru No. 7, Demangan Baru, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281.

Lokasi Hayati Specialty Coffee berada di tepi jalan Demangan Baru atau sebelah timur dari daerah Gejayan Yogyakarta. Rute termudah menuju ke kedai kopi ini dari Lippo Mall Jogja ke arah timur sejauh 50 meter ada pertigaan kecil tanpa lampu lalu lintas. Ambil jalan ke kiri atau ke utara sejauh 100-200 meter dan posisi kedai kopi ini berada di kiri jalan atau barat jalan. Kedai kopi ini satu bangunan dengan butik Populuca yang ada disebelahnya. Area parkir yang disediakan cukup terbatas namun cukup tertata rapi karena ada petugas parkir yang mengatur pengunjung di kedua tempat tersebut.

Bangunan Hayati Specialty Coffee terlihat kecil dari tepi jalan padahal sebenarnya cukup luas dan memanjang ke bagian belakang dan menyamping siku ke butik. Ruanganya terbagi antara ruangan ber-AC tanpa rokok dan ruangan tanpa AC boleh merokok. Interiornya cukup menarik dengan kesan elegan dan modern. Kapasitas pengunjung ditaksir mampu menampung sekitar 50-70 orang.

Menu kopi yang ditawarkan Hayati Specialty Coffee cukup lengkap mulai dari kopi hitam dengan berbagai penyeduhan, kopi mix susu seperti cappuccino, dan es kopi (ice coffee). Menu lahan kopi khas kedai kopi ini adalah Hayati Punya Es Kopi, Cold White, Ice Coffee Coconut, dan Ice Coffee Regal. Menu minuman selain kopi juga ada cokelat, teh, olahan susu, dan sebagainya. Menu makanan cukup menarik untuk dicicipi mulai dari aneka makanan berat, makanan ringan, hingga hidangan penutup (dessert).

Penyajian dan tampilan Magic Coffee hampir sama seperti Cappucino dimana menggunakan cangkir berkapasitas 200-250ml, terlihat buih susu bercampur susu, dan bagian atas atau permukaan kopi dihias berbentuk pola. Perbedaan Magic dengan Cappucino adalah dari base pembuatannya dimana Magic terdiri dari double ristretto dicampur dengan susu sedangkan cappuccino terdiri dari espresso, susu, dan buih susu. Cita rasa Magic lebih terasa kopinya, sedikit susu, dan cocok bagi penikmat kopi campuran dengan kadar susu yang rendah. Bagi sebagian orang, cita rasa Magic Coffee berani diadu dengan Picollo dimana terdiri dari satu shot espresso dan susu. Belum banyak orang yang mengetahui sajian Magic Coffee karena namanya tidak sepopuler sajian kopi berbasis Espresso seperti Cappuccino, Macchiato, Latte, dan sebagainya. Di kota Yogyakarta sendiri minuman kopi ini masih terdengar asing dan jarang sekali ditemui di kedai maupun cafe coffee. Bagi saya pribadi, Hayati Specialty Coffee merupakan kedai kopi yang pertama kali saya singgahi dimana menyediakan menu Magic Coffee.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan kedai kopi ini tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Pengunjung tidak akan kecewa dengan cita rasa yang ditawarkan karena barista dan kokinya cukup berpengalaman. Secara keseluruhan Hayati Specialty Coffee dapat menjadi salah satu rekomendasi tempat ngopi didaerah Demangan, Gejayan, dan di sekitar pusat kota Yogyakarta pada umumnya. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Kopi Bubuk Flores NTC, Kopi Bubuk Kemasan Dari Manggarai NTT
INFORMASI
Hayati Specialty Coffee
Jalan Demangan Baru No. 7, Demangan Baru, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 24.00 WIB

Kirim pendapat