Harjo Bestik, Salah Satu Kuliner Malam di Kota Solo

Harjo Bestik merupakan warung tenda kakilima yang menyediakan menu utama berupa bestik (beef steak) khas Solo dan bakmi jawa. Keberadannya cukup terkenal karena cita rasanya yang unik dan tidak mengecewakan para pengunjung yang datang menikmati sajian masakannya. Warung kakilima yang buka pada malam hari ini cukup direkomendasikan bagi para pecinta kuliner yang ingin berwisata kuliner di kota Solo.

Warung Makan Harjo Bestik dan Bakmi terletak di Jl. Dr. Rajiman timur perempatan Pasar Kembang atau di danukusuman RT 01/IX Serengan Solo, Jawa Tengah.

Tenda Warung Harjo Bestik Solo

Lokasi Warung Harjo Bestik berada di dekat Pasar Kembang Solo atau tepatnya disebelah timur dari perempatan Pasar Kembang. Namun kondisi jalan satu arah memaksa pengunjung harus memutar jalan melewati Jalan Slamet Riyadi terlebih dahulu kemudian belok ke arah Plaza Singosaren. Selanjutnya ikuti jalan ke arah barat dari Plaza Singosari menuju ke arah Pasar Kembang. Letak warung ini berada sekitar 50 meter sebelum lampu merah perempatan Pasar Kembang. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area jalur lambat sehingga tidak mengganggu lalu lintas.

Suasana tampak ramai saat saya mendatangi warung ini dan memilih duduk lesehan karena meja kursi yang ada telah penuh oleh pembeli. Setelah menu makanan disodorkan oleh pelayan, saya langsung memilih menu yang tersedia kemudian saya kembalikan kepada pelayan warung untuk segera dibuatkan pesanannya. Sambil menunggu pesanan datang, saya mengamati para koki dan pelayan yang sibuk mengantar pesanan kepada pengunjung warung. Bau sedap silih berganti dari tempat memasak yang letaknya berdampingan dengan tempat duduk lesehan.

Sejarahnya bestik bukan makanan asli kota Solo dan berasal dari negeri Belanda saat era pemerintahan penjajahan Belanda di Indonesia. Nama bestik berasal dari bahasa Belanda yaitu “beufstuk” dan ada yang mengatakan dari bahasa Inggris yaitu “beefsteak“. Namun karena sudah lama berada di Solo akhirnya makanan ini menjadi bagian dari kuliner khas Solo.

Juru Masak Warung Harjo Bestik Solo

Akhirnya pesanan bestik saya datang lengkap dengan sepiring nasi putih dan minum jeruk hangat. Saya memilih menu bestik daging disamping banyak macam menu bestik lain seperti bestik ayam, bestik uritan, bestik telur, bestik jerohan, dan sebagainya. Bila ingin memesan menu selain bestik, di warung ini juga menyediakan nasi goreng, bakmi goreng, risol goreng, elek-elekan, capcay, dan masih banyak lagi.

Semua menu yang tersedia memang menarik dan menggoda untuk dicoba. Bila datang secara rombongan, alangkah bijak bila memesan satu per satu menu agar bisa saling mencicip rasa masakannya. Akhirnya tanpa menunggu lama lagi saya langsung menikmati bestik daging pesanan saya.

Bestik Daging Warung Harjo Bestik Solo

 

Rasa bestik daging di Warung Makan Harjo Bestik ini cukup lezat, pas dilidah. Rasa asin, gurih, manis, dan sedikit asam bercampur menjadi satu dan tidak keras. Ketiadaan santan dan minimnya minyak atau lemak membuat makanan bestik ini terasa segar dan cocok bagi penyuka makanan berkuah encer. Potongan sayur berupa selada dan tomat menjadi penyeimbang rasa dan memberikan rasa segar yang menambah selera.

Bumbu dalam bestik daging cukup terasa meskipun tidak keras. Saya dapat merasakan aroma bawang merah dan putih dalam kuah serta sedikit merica namun tidak terasa pedas di mulut. Secara keseluruhan bestik daging ini menarik untuk dinikmati meskipun bagi penyuka rasa pedas mungkin sedikit kecewa karena tidak mendapatkan rasa pedas dalam makanan ini. Mengenai harga makanan bestik ini cukup terjangkau dan rata-rata standar harga kuliner di kota Solo. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Sate Blengong, Sensasi Kuliner Khas Brebes Selain Telur Asin

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. m-amin:

    Lokasinya dekat dengan kost ku dulu ketika masih kuliah di UMS bos….oke lah kalau pas ke Solo tak coba ya…kayanknya mantapp…

    • admin:

      Hi M-Amin
      Silakan dikunjungi ya kalau main ke Solo lagi :-)

Kirim pendapat