Penjelasan Dan Deskripsi Gunung Telomoyo

Penjelasan Dan Deskripsi Gunung Telomoyo
3.67 (73.33%) 3 votes

Gunung Telomoyo merupakan gunung kecil dengan tipe strato atau kerucut di antara kabupaten Semarang dengan kabupaten Magelang Jawa Tengah. Gunung ini tidak memiliki aktivitas vulkanologi karena bukan merupakan gunung berapi. Ketinggian gunung ini mencapai 1.894 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Gunung ini terlihat jelas dari daerah Magelang, Salatiga, dan Ambarawa (Rawa Pening).

Posisi Gunung Telomoyo berhimpit dengan Gunung Andong di sisi barat dan di sebelah selatannya berdiri dengan gagah Gunung Merbabu. Dari puncak gunung ini dapat melihat beberapa puncak gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Ungaran. Gunung Telomoyo. Selain itu dari puncak gunung ini dapat melihat secara jelas area Rawa Pening di sebelah selatan kota Ambarawa Jawa Tengah.

Gunung Telomoyo cukup menjadi favorit menajdi tempat camping selain Gunung Andong yang berada di sebelah baratnya. Pengunjung dapat naik menuju ke puncak gunung dengan menggunakan kendaraan pribadi karena telah dibuatkan akses jalan permanen. Hanya saja akses jalan tersebut cukup sempit dan sebagian rusak sehingga hanya dapat dialui kendaraan beroda dua saja. Pada puncak Gunung Telomoyo sendiri berdiri beberapa menara seluler, menara pemancar, atau menara radio. Jumlah menara tersebut cukup banyak dan diperkirakan berjumlah belasan menara. Hal ini cukup terlihat jelas dari puncak Gunung Andong maupun dari kawasan pedesaan yang berada di sebelah bawah gunung tersebut. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. NLP JAKARTA:

    Wah saya orang semarang kok malah cuma taunya gunung ungaran

  2. vitamin ayam:

    sebagai pecinta gunung, wajib diagendakan nih. hee

  3. jubah pria:

    Smoga segera mendapati dan sampai di tempat ini

Kirim pendapat