Gunung Mungker Potensi Wisata Puncak Tertinggi Di Bantul

Gunung Mungker Potensi Wisata Puncak Tertinggi Di Bantul
3.8 (75%) 4 vote[s]

Gunung Mungker merupakan daya tarik wisata puncak perbukitan di wilayah Bantul sisi timur yang bebatasan dengan wilayah kabupaten Gunungkidul. Konsep yang dirintis hampir sama dengan obyek wisata alam yang ada didekatnya yaitu pengembangan potensiwsata alam dan wisata outbound. Keberadaan cukup mewarnai alternatif wisata ang sudah lama dikenal di wilayah tersebut yaitu Puncak Pinus Becici dan Kebun Buah Mangunan.

Gunung Mungker beralamat di dusun Pencitrejo, desa Terong, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55783.

Lokasi Gunung Mungker berada didaerah pegunungan Seribu yang masuk dalam wilayah kabupaten Bantul. Rute terdekat menuju Gunung Mungker dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Wonosari Yogyakarta. Dari pertigaan Piyungan ambil jalan naik menuju ke arah Patuk Gunungkidul. Sesampai di perempatan puncak Bukit Patuk atau Bukit Bintang ambil arah ke kanan menuju Jalan Raya Patuk-Dlingo. Selama perjalanan akan melewati Wisata Watu Amben dan beberapa menit berselang tiba di kawasan wisata Gunung Mungker. Akses menuju lokasi sudah cukup baik dan dapat dilalui dengan kendaraan berukuran besar.

Gunung Mungker diresmikan sebagai kawasan wisata pada tahun 2017 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Gunung Mungker sendiri merupakan titik tertinggi atau pucak tertinggi di wilayah kabupaten Bantul. Sebagian orang menganggap puncak tertinggi di Bantul adalah Puncak Becici atau Puncak Pinus Becici yang letaknya tidak jauh di sebalah selatannya. Proses pengembangan kawasan wisata Gunung Mungker tergolong lambat dan hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan. Pengelola mengedepankan kawasan ini sebagai wisata alam dengan daya tarik sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) serta sebagai salah satu kawasan outbound di wilayah Bantul.

Pemandangan ke arah timur dari Gunung Mungker sedikit terhalang oleh tower sutet yang memanjang dari sisi utara menuju sisi selatan. Posisi tower sutet terlihat besar dan tinggi karena letaknya cukup dekat dengan area Gunung Mungker namun masih dalam jarak aman. Diantara celah-celah kabel sutet, pengunjung dalam melihat pemandangan perbukitan dan pegunungan Gunugkidul yang memanjang dari sisi barat daya tempat ini hingga ujung timur yang tidak terlihat dari pandangan mata. Posisi matahari terbit terlihat jelas dari tempat ini karena tidak terhalang gunung yang tinggi di sisi timurnya. Bagi saya pribadi pemandangan yang ditawarkan sama persis dengan pemandangan alam dari Gunung Ireng yang ada dibawahnya bila tanpa keberadaan tower sutet.

Pemandangan ke arah barat dari Gunung Mungker terlihat lepas tanpa ada penghalang karena merupakan puncak tertinggi. Pemandangan yang kita lihat hampir sama dengan pemandangan di Bukit Lintang Sewu yang letaknya berada di sebelah selatan Pada sisi barat laut terlihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berdiri dengan gagahnya ketika tidak terhalang awan atau kabur. Kemudian saat memandang ke arah barat, terlihat momentum matahari terbenam yang tenggelam melewati garis cakrawala di daratan Pulau Jawa.

Baca Juga  Petilasan Ki Ageng Mangir Wonoboyo Bantul

Fasilitas pendukung wisata Gunung Mungker saat ini yang sudah tersedia adalah area parkir yang cukup luas untuk menampung pengunjung yang menggunakan kendaraan seperti sepeda motor, mobil, hingga bus besar, pendopo, area pedagang makanan dan minuman, wahana selfie atau spot selfie, dan beberapa atraksi untuk kegiatan outbound. Secara keseluruhan Gunung Mungker dalam menjadi salah satu pilihan wisata di perbukitan Bantul sisi timur. (text/foto: annosmile)

RETRIBUSI
  • Tiket Masuk : Rp 3.000,-/orang
  • Parkir Motor : Rp 3.000,-
  • Parkir Mobil : Rp 10.000,-
  • Parkir Bus : Rp 20.000,-
INFORMASI
Gunung Mungker
Dusun Pencitrejo, desa Terong, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55783

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. tatakata:

    bagus juga nih tempatnya, bisa jd referensi tempat liburan kalau ke Jogja nih

  2. Produksi Tas:

    Makasih mas, selama 4 tahun di jogja baru tau ada gunung mungker… kayanya cocok buat referensi wisata nih

Kirim pendapat