Puncak Gunung Kukusan Magelang, Panorama 8 Pucuk Gunung Di Jawa Tengah

Gunung Kukusan adalah salah satu puncak perbukitan Menoreh di kabupaten Magelang. Pada awalnya gunung atau puncak bukit ini lebih dikenal dengan Gunung Kendeng karena kaitan cerita Pangeran Kendeng di gunung tersebut. Gunung Kukusan sebagaimana yang kita tahu menyajikan daya tarik pemandangan dari ketinggian yang tidak kalah menarik dibandingkan Puncak Suroloyo yang masih dalam satu pegunungan yang sama.

Gunung Kukusan atau bernama lain Gunung Kendeng berada di dusun Wonokerto, desa Ngargoretno, kecamatan Salaman, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pintu Masuk Wisata Gunung Kukusan Magelang

Lokasi Gunung Kukusan berada di ujung utara Pegunungan Menoreh yang masuk wilayah kabupaten Magelang. Ada dua cara menuju ke Gunung Kukusan Magelang dimana cara yang pertama melalui Kebun Teh Nglinggo di kabupaten Kulon Progo dan yang kedua melewati dusun Wonokerto dengan mendaki bukit terlebih dahulu. Kami memilih cara yang pertama yaitu melalui kawasan Kebun Teh Nglinggo karena aksesnya lebih dekat dengan kota Yogyakarta dan perjalanan menuju Puncak Gunung Kukusan lebih dekat dan singkat.

Anak Tangga Terakhir Menuju Puncak Gunung Kukusan Magelang

Perjalanan menuju Gunung Kukusan melewati kebun Teh Nglinggo dimulai dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat dengan rute Tugu – Ringroad Barat – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng. Dari Perempatan Kenteng yang terdapat lampu lalulintasnya ambil ke arah kanan hingga perempatan Dekso yang terdapat tugu dibagian tengah. Dari perempatan Dekso ambil jalan naik ke arah kiri dan ikuti jalan terus hingga tiba di pertigaan Pasar Plono yang terdapat tulisan arah menuju Desa Wisata Nglinggo. Ikuti jalan menuju Desa Wisata Nglinggo dan selanjutnya pilih petunjuk arah menuju Kebun Teh Nglinggo.

Mitos Gunung Kukusan atau Gunung Kendeng Magelang adalah tempat dimakamkannya putra dari pengikut Pangeran Diponegoro saat melakukan gerilya melawan penjajahan Belanda. Pada saat rombongan Pangeran Diponegoro melewati Gunung Kukusan, salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang sedang mengandung mengeluh kesakitan pada perutnya dan melahirkan seorang bayi di tempat tersebut. Bayi berjenis laki-laki tersebut diberi nama Pangeran Kendeng. Namun jiwa bayi tersebut tidak tertolong dan akhirnya dimakamkan di puncak Gunung Kukusan. Bongkahan batu besar di puncak Gunung Kukusan sebenarnya adalah batu nisan dari makam bayi tersebut. Konon bongkahan batu tersebut tidak dapat dipindah karena saat batu tersebut digulingkan ke dasar gunung akan kembali ke tempat semula pada keesokan harinya.

Panorama 8 Gunung Dari Puncak Gunung Kukusan Magelang

Kendaraan pengunjung Gunung Kukusan dapat di parkir di area parkir Kebun Teh Nglinggo dan perjalanan selanjutnya dapat dilakukan dengan menyusuri jalan setapak yang berada di salah satu sisi area kebun teh. Beberapa menit berselang akhirnya tiba di pintu masuk Wisata Gunung Kukusan yang terdapat pos retribusi. Retribusi masuk di Gunung Kukusan terpisah dengan retribusi masuk Desa Wisata Nglinggo karena berbeda pengelola. Selain itu letak diantara keduanya berbeda wilayah, dimana Gunung Kukusan masuk wilayah kabupaten Magelang dan Desa Wisata Nglinggo masuk wilayah kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga  Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Sajian Kopi Di Lereng Tenggara Gunung Ungaran

Pemandangan Gunung Merapi Dan Gunung Merbabu Dari Puncak Gunung Kukusan Magelang

Perjalanan menuju Puncak Gunung Kukusan dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang menanjak ke arah puncak sebuah bukit. Dari pos penarikan retribusi sebenarnya sudah terlihat puncak gunung yang lebih tepat disebut puncak bukit. Hanya berselang beberapa menit akhirnya tiba di puncak Gunung Kukusan. Area puncak Gunung Kukusan cukup sempit dan hanya dapat menampung sekitar lima orang saja. Pada bagian tengah puncak Gunung Kukusan terdapat bongkahan batu yang disebut Watu Kendeng (Batu Kendeng) yang erat dengan mitos Gunung Kukusan.

Pemandangan dari puncak Gunung Kukusan cukup indah dan menarik karena dapat melihat 8 pucuk gunung besar dan kecil di wilayah Jawa Tengah. Sebut saja mulai dari sebelah kanan Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Prau Dieng. Posisinya yang menghadap ke arah utara dengan area pemandangan luas tidak terhalang bukit ke arah timur cocok digunakan sebagai tempat menikmati pesona matahari terbit. Namun hal ini hanya dapat dinikmati ketika cuaca sedang cerah dan langit bersih dari awan.

Pemandangan Gunung Sindoro, Sumbing, Dan Prau Dari Puncak Gunung Kukusan Magelang

Bukit kecil yang berada di depan Gunung Kukusan disebut Gunung Dempok atau memiliki nama lain Gunung Kukusan Dua. Posisi Gunung Dempok sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Gunung Kukusan. Namun area puncak Gunung Dempok sedikit luas dibandingkan Gunung Kukusan dan mampu menampung hingga sepuluh orang. Akses jalan menuju ke Gunung Dempok dapat langsung melewati jalan menurun curam di depan Gunung Kukusan. Kondisi jalan yang curam cukup berbahaya dan dapat membuat nyali cuit untuk melewatinya. Pengunjung dapat memilih jalan yang lebih landai dengan kembali terlebih dahulu ke pos retribusi kemudian memilih jalan ke kiri menuju ke Puncak Gunung Dempok.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Sragen

TeamTouring Di Gunung Kukusan Magelang

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan dari puncak Gunung Kukusan adalah saat matahari terbit dan pagi hari. Matahari terbit akan terlihat dari sisi sebelah kanan puncak Gunung Kukusan yang tidak terhalang bukit. Kabut tebal kadang terlihat di dasar gunung dan suasananya mirip seperti negeri diatas awan. Saat pagi hari pemandangan masih menarik meskipun kabut tebal di dasar gunung telah menghilang. Jajaran 8 puncak gunung di Jawa Tengah terlihat dengan jelas dari kejauhan dan pemandangan seperti ini jarang ditemui di tempat lain.

Sebagian besar pengunjung yang ingin menuju ke Gunung Kukusan memilih akses melalui Kebun Teh Nglinggo dibandingkan melalui jalur setapak pedesaan di daerah Salaman Magelang. Tidak masalah bila sebagian besar orang menganggap Gunung Kukusan masuk wilayah Nglinggo atau masuk wilayah kabupaten Kulon Progo. Seperti yang kita tahu memang akses termudah dan terdekat menuju ke Gunung Kukusan melalui tempat tersebut. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Gunung Kukusan (Gunung Kendeng)
Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 2.000,-

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. wildan:

    Pemandangannya keren abis,,pingin banget kesono.

    • admin:

      Hi Wildan, silakan mas :-)

  2. rosid:

    Szk tak ro no…
    Nek soko bandongan kro” adoh endi mbek sukmojoyo

    • admin:

      Hi Rosid, lebih jauh ini mas

Kirim pendapat