Penjelasan Dan Deskripsi Gunung Andong Magelang

Gunung Andong merupakan gunung kecil dengan tipe perisai di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Secara administratif gunung ini terletak di kecamatan Ngablak kabupaten Magelang yang berbatasan dengan kecamatan Kopeng kabupaten Semarang Jawa Tengah. Gunung ini tidak memiliki aktivitas vulkanologi karena bukan merupakan gunung berapi. Ketinggian gunung ini mencapai 1.726 meter diatas permukaan air laut (mdpl) dengan beberapa puncak gunung.

Posisi Gunung Andong berhimpit dengan Gunung Telomoyo di sisi timurnya dan di sebelah selatannya berdiri dengan gagah Gunung Merbabu. Dari puncak gunung ini dapat melihat beberapa puncak gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Ungaran. Bentuk Gunung Andong yang mirip seperti punggung sapi membuat gunung ini menarik digunakan sebagai lokasi berfoto dan camping.

Sejak tahun 2014, Gunung Andong mulai ramai dikunjungi oleh para pendaki sekedar camping dan menyambut matahari terbit dari atas ketinggian. Selain itu gunung ini memiliki waktu tempuh perjalanan yang cukup singkat dan cocok digunakan oleh para pemula yang sedang belajar naik gunung. Para pendaki tetap disarankan untuk berhati-hari dan menjaga karena setiap gunung bersemayam mitos atau cerita turun temurun. Pada salah satu puncak Gunung Andong yang berada di sisi barat daya sendiri terdapat sebuah makam bernama Makam Ki Joko Pekik (Kyai Abdul Faqih) yang cukup dikeramatkanw arga setempat. Pos Pendakian Gunung Andong yang sudah dibuka antara lain Pos Pendakian Sawit (Taruna Jaya Giri), Pos Pendakian Pendem, Pos Pendakian Gogik, dan Pos Pendakian Kudusan Tirto. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Wisata Lava Merapi Kinahrejo Sleman, Ketika Sisa Bencana Menjadi Kawasan Wisata

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Dhanang Sukmana Adi:

    bar kok kene mas..tapi lagi ditulis dalam draft :)

    • admin:

      Hi Dhanang Sukmana Adi,
      Mantap mas, diatas berkabut atau cerah kemarin mas???

Kirim pendapat