Gudeg Yu Yam Jalan Magelang Dan Makan Berat Menjelang Pagi

Gudeg Yu Yam Jalan Magelang Dan Makan Berat Menjelang Pagi
3 (60%) 1 vote

Gudeg Yu Yam merupakan daya tarik kuliner gudeg khas Jogja di tepi Jalan Magelang Yogyakarta. Keberadaan warung ini cukup terkenal karena menjadi favorit di beberapa kalangan artis. Namun kisah kelam juga mewarnai warung gudeg ini dimana pemilik usaha gudeg yang bernama Yamilik (48) dan istrinya Aris Nurhayati (43) meninggal dunia akibat kecelakaan saat pulang dari berjualan. Saat ini usaha jualan gudeg ini dilanjutkan oleh kerabat keluarganya.

Gudeg Yu Yam terletak di Jalan Magelang No. 120, dusun Kutuasem, desa Sinduadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Gudeg Yu Yam berada di tepi jalan sisi barat perempatan lampu lalu lintas Jalan Magelang dengan Selokan Mataram. Rute termudah dari Tugu Jogja ke arah barat hingga perempatan. Selanjutnya ambil jalan ke utara atau ke arah kanan melewati Jalan Magelang. Ikuti jalan tersebut hingga melewati Borobudur Paza dan kantor TVRI. Mendekati persimpangan lampu merah Selokan Mataram, pelankan kendaraan dan menepi di sisi kanan dimana warung terebut berdiri pada kios kecil. Area parkir kendaraan menggunakan tepi Jalan Magelang yang terlihat lenggang di malam hari.

Saya mendatangi warung Gudeg Yu Yam menjelang subuh atau sekitar pukul 4.00 pagi dan warung ini belum tutup. Gudeg Yu Yam menyediakan menu gudeg mercon yang konon terasa cukup pedas. Pilihan menu makanan yang ditawrakan cukup lengkap mulai dari gudeg telur hingga aneka lauk tempe, tahu, dan daging ayam. Untuk pilihan menikmati gudeg dapat menggunakan nasi atau bubur. Selain itu,warung gudeg ini menyediakan hidangan pendamping berupa kerupuk, goreng tempe, dan tahu.

Penyajian Nasi Gudeg Telur di Warung Gudeg Yu Yam Sleman menggunakan piring berukuran tanggung beralaskan kertas minyak. Sepiring nasi gudeg telur terdiri dari nasi putih, sayur gudeg, sambal krecek, kuah areh, dan lauk telur ayam. Cita rasa gudeg yang ditawarkan cenderung gurih dan sedikit manis atau tidak semanis sajian gudeg kering. Untuk sambal krecek sendiri terasa sedikit asin dan manis namun tidak terasa pedas. Saya agak kecewa karena tidak mendapati cita rasa pedas dari nama sajuan gudeg mercon ini. Kemiripan cita rasa gudeg ini hampir sama dengan sajian Gudeg Permata Bu Pudjo dan Gudeg Sagan yang pernah saya cicipi. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga makanan gudeg di sekitar kawasan tersebut dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan warung gudeg ini dapat menjadi pilihan bersantap pada malam hari dan menjelang pagi hari di sekitar wilayah Jogja utara dan Jalan Magelang. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Gudeg Yu Yam
Jl. Magelang No. 120, dusun Kutu Asem, desa Sinduadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 00.00 s/d 04.00 WIB

Kirim pendapat