Gudeg Yu Menil Yogyakarta, Lebih Enak Dibawa Pulang

Gudeg Yu Menil merupakan warung kakilima yang menjual hidangan gudeg basah khas kota Yogyakarta. Letaknya sedikit tersembunyi namun memiliki banyak pelanggan yang berasal dari perkampungan disekitar. Cita rasa yang ditawarkan sudah lebih dari cukup dan tentu saja harganya lebih murah dibandingkan gudeg yang dijual oleh rumah makan atau warung yang menempati bangunan kios.

Gudeg Yu Menil beralamat di Jalan Beji, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta. Warung kakilima yang menjual kuliner gudeg ini menggelar dagangannya dari pagi hari hingga menjelang siang.

Bungkusan Gudeg Kepala Ayam Dari Gudeg Yu Menil Yogyakarta

Lokasi Gudeg Yu Menil berada di sebelah utara Hotel Rajadani atau Jalan Beji yang letaknya cukup dekat dari Jembatan Sayidan Yogyakarta. Dari arah barat ke timur setelah Jembatan Sayidan ada sebuah pertigaan dan belok ke arah kiri menuju ke Hotel Rajadani. Kondisi jalan menurun kemudian menemui pertigaan kecil dan pilihlah jalan ke arah kanan. Hanya sekitar 10-15 meter langsung tiba di warung Gudeg Yu Menil di sisi kanan jalan. Warung Gudeg Yu Menil hanya tampak seperti warung kecil yang hanya melindungi peenjualnya saja.

Penjual sekaligus pemilik warung gudeg yang akrab di panggil Bu Menil atau Yu Menil ini tinggal di utara Selokan Mataram dan dekat dengan rumah asal pemilik Gudeg Yu Djum yang cukup terkenal itu. Warung Gudeg Yu Menil menyediakan menu gudeg basah dimana meggunakan kuah santan kental yang disebut dengan areh. Jenis lauk gudeg pun beragam mulai dari tahu, tempe, telur, dan daging ayam seperti suwir daging ayam, sayap, paha, dada, ati ampela, hingga kepala ayam. Dalam penyajiannya, Gudeg Yu Menil disajikan dengan daun pisang yang dilapisi kertas minyak. Sebagian besar pembeli memilih untuk membungkus nasi gudeg untuk dimakan ditempat lain. Selain itu warung gudeg ini tidak menyediakan tempat bagi pengunjung untuk menikmati sajian gudeg di lokasi.

Baca Juga  Pantai Lolang Gunungkidul, Pantai Kecil Yang Jarang Terjamah

Porsi yang disajikan cukup banyak dan pengunjung dapat melakukan pesanan khusus sesuai yang mereka inginkan seperti minta ditambah sambal krecek, tambah nasi, dan sebagainya. Cita rasa yang ditawarkan cukup gurih dan sedikit manis serta cocok bagi lidah masyarakat sekitar. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan cita rasa yang tidak kalah dibandingkan gudeg-gudeg sekelas rumah makan dan restoran. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Gudeg Yu Menil
Jalan Beji, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta 55112

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.30 s/d 10.00 WIB

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. D Sukmana Adi:

    meskipun saya jarang komen , tapi sering berkunjung kesini..komenku mung siji mas..
    “Pengen Kembali Ke Jogjaaaa” :)

  2. Titis:

    Mak nyus gudeg nya…
    Untuk pesanan (dus) lebih mak nyus lagi karena gudeg, areh & sambal kreceknya dibikin agak kering..

    • admin:

      Hi Titis,
      Terima kasih atas testimoninya :-)

Kirim pendapat