Gudeg Yu Djum Wijilan 167, Salah Satu Legenda Kuliner Gudeg Dari Yogyakarta

Gudeg Yu Djum Wijilan 167, Salah Satu Legenda Kuliner Gudeg Dari Yogyakarta
4 (80%) 1 vote

Gudeg Yu Djum Wijilan 167 merupakan salah satu legenda kuliner gudeg di kota Yogyakarta. Warung atau rumah makan yang didirikan oleh seseorang yang dipanggil akrab dengan sebutan Yu Dum ini berdiri sejak tahun 1950 atau lebih dari setengah abad. Warung ini menjadi tujuan utama wisatawan untuk bersantap kuliner ketika berkunjung ke Yogyakarta yang dikenal sebagai kota gudeg.

Gudeg Yu Djum Wijilan beralamat di Jalan Wijilan No. 167, kelurahan Panembahan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta.

Lokasi Gudeg Yu Djum Wijilan 167 berada di sentra makanan khas gudeg Wijilan. Rute menuju warung ini dari Alun-Alun Utara Yogyakarta ke arah timur kemudian belok memasuki Plengkung Wijilan. Posisi rumah makan ini berderet bersama dengan kios makanan gudeg yang lain. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di depan warung gudeg atau disekitar sentra makanan khas gudeg Wijilan.

Gudeg Yu Djum Wijilan 167 merupakan gudeg kering dengan beberapa variasi penyajian dimana ada porsi per orang, paket besek, dan paket kendil. Jenis lauk gudeg pun beragam mulai dari tahu, tempe, telur, dan daging ayam seperti sayap, paha atas, dada, ati ampela, hingga kepala ayam. Ayam yang digunakan sebagai lauknya adalah ayam kampung dan telur yang digunakan adalah telur bebek. Dalam penyajiannya, Gudeg Yu Djum Wijilan 167 disajikan dengan piring anyaman rotan yang dilapisi daun pisang. Pada sepiring nasi gudeg terdiri dari nasi putih, gudeg plus areh kental, sambal krecek, dan lauk ayam. Cita rasa yang ditawarkan cukup manis khas cita rasa masakan Yogyakarta namun masakannya masih bisa dirasakan oleh segenap kalangan. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga makanan gudeg di sekitar kawasan tersebut dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat