Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening, Rumah Makan Yang Memadukan Hidangan Ikan Air Tawar Dan Spot Foto Persawahan

5/5 - (1 vote)

Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening merupakan rumah makan berkonsep suasana pedesaan dengan pemandangan area persawahan luas di daerah Nanggulan Kulon Progo. Rumah makan ini terdiri dari 2 (dua) bangunan joglo sebagai tempat duduk dalam ruangan dan halaman belakang sebagai tempat duduk luar ruangan. Menu andalan rumah makan ini adalah hidangan ikwan kali atau ikan air tawar.

Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening beralamat di Jalan Nanggulan-Girimulyo, dusun Pamonosutan, desa Kembang, kecamatan Nanggulan, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Lokasi Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening berada di tepi Jalan Nanggulan-Girimulyo yang dikelilingi area persawahan yang luas dan dekat spot foto dan wisata Sawah Pronosutan. Rute termudah menuju tempat ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan Godean. Ikuti jalan lurus ke arah barat hingga menyebrangi jembatan Sungai Progo dan menemukan perempatan lalu lintas Kenteng Nanggulan. Pilih jalan lurus ke arah Pasar Kenteng Nanggulan atau mengikuti papan petunjuk arah menuju ke obyek wisata Kedung Pedut dan Goa Kiskendo. Sesampai di area Pasar Wage Kenteng, ikuti jalan tersebut hingga area persawahan Nanggulan sebelum tanjakan jalan menuju Kopi Ampirono. Posisi rumah makan ini berada di sisi kanan jalan diapit area persawahan. Area parkir yang disediakan cukup luas dan mampu belasan kendaraan roda empat sejenis mobil dan minibus.

Baca Juga  Warung Klangenan, Angkringan Dengan Kemasan Mewah Di Barat Jogja

Menu utama yang ditawarkan Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening adalah masakan ikan air tawar khas pedesaan yang unik seperti ikan wader dan ikan kutuk. Disamping itu juga menyediakan menu ikan air tawar lain seperti gurameh, nila, lele, dan belut. Menu makanan yang umum tersedia juga ada seperti ayam, telur, tahu, dan tempe. Menu sayuran cukup beragam mulai dari lalapan, trancam, ca kangkung, sayur asem, oseng-oseng tempe lombok ijo, oseng-oseng tauge, pete goreng dan terong goreng. Untuk minumannya juga bervariasi mulai dari teh, jeruk, kopi hingga minuman tradisional seperti beras kencur dan kunir asem.

Daya tarik utama selain hidangan makanan dan minuman di Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening adalah spot atau lokasi foto yang berada di area belakang rumah makan. Spot foto yang ditawarkan berupa jalan tanah yang dikelilingi oleh area persawahan padi yang berwarna hijau. Cukup menarik karena spot foto berasa pribadi atau privat karena hanya dapat diakses oleh pengunjung yang mampir bersantap di rumah makan ini. Selain itu pengunjung yang berfoto di tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening dapat menjadi alternatif pilihan bersantai sambil menikmati pemandangan persawahan Kulon Progo selain Kopi Ampirono. Selain itu rumah makan ini dapat direkomendasikan sebagai tempat bersantap pagi, siang bahkan malam ketika berwisata di Perbukitan Menoreh khususnya ke Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, dan sebagainya yang melewati area Pasar Wage Kenteng Nanggulan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening
Jl. Nanggulan-Girimulyo, dusun Pamonosutan, desa Kembang, kecamatan Nanggulan, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat