Please disable any ad-blocker you are using in your browser.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Wisata Unggulan Kabupaten Karanganyar

Rate this post

Bagi orang yang tinggal di Jawa Tengah, siapa yang tidak kenal dengan obyek wisata Tawangmangu. Sebuah obyek wisata alam yang terletak di kaki Gunung Lawu ini menyimpan daya tarik wisata yang cukup mengagumkan salah satunya dengan keberadaan Air Terjun Grojogan Sewu di kawasan wisata ini.

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di sekitar lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang dilewati Jalur Tawangmangu-Sarangan.

Memasuki kawasan Wisata Alam Tawangmangu, cukup jelas papan petunjuk arah menuju ke Taman Wisata grojogan Sewu. Di sekitar pintu masuk Taman Wisata Sewu, banyak terdapat penjual souvenir seperti tanaman khas pegunungan, kerajinan, pakaian, dan masih banyak lagi yang menggelar dagangannya pada warung-warung atau di tepi jalan. Setelah membeli tiket dan melewati pintu gerbang Taman Wisata Grojogan Sewu, kami harus melewati tangga turun untuk menuju ke tepi air terjun.

Dengan ketinggian tebing sekitar 100 meter, perjalanan dengan menuruni anak tangga cukup melelahkan bagi pengunjung air terjun ini. Sepertinya tangga yang dilewati tidak ada habisnya. Namun ketika telah melewati perjalanan menyusuri anak tangga, bunyi derasnya air terjun Grojogan Sewu yang jatuh dari ketinggian ini mulai terdengar sehingga semangat untuk menuruni tangga muncul kembali.

Grojogan Sewu berarti air terjun seribu, walaupun air terjun tidak berjumlah seribu namun percikan air yang jatuh dari atas tebing sangat deras dan membasahi area yang berada disekitarnya. Ketinggian Grojogan Sewu mencapai 80 meter dan terletak diantara hutan wisata.

Ketika menginjakkan kaki di anak tangga menurun yang terakhir, terlihat pemandangan Grojogan Sewu dari kejauhan yang cukup tinggi dengan debit air yang cukup deras. Kami mencoba mendekat ke lokasi Grojogan Sewu dengan melewati batuan yang licin. Kita perlu berhati-hati dalam menapakkan kaki karena banyak batuan yang cukup tajam dan dapat melukai kaki.

Beberapa puluh meter mendekati tempat jatuhnya air terjun telah terjadi hujan gerimis yang disebabkan pantulan derasnya air terjun. Untuk berfoto pun kamera berulang kali terkena butiran-butiran air yang membuat hasilnya nampak kabur. Setelah puas menikmati pemandangan Grojogan Sewu, akhirnya kami menuju ke hutan wisata yang letaknya berada di sebelah air terjun untuk bersantai.

Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha dan cukup nyaman untuk piknik dan bersantai. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Kami menjumpai mereka bergelantung di pohon saat menuruni jalan dan berlarian disekitar hutan.

Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK. Berenang di kolam renang menjadi salah satu favorit setelah bermain air di bawah Grojogan Sewu. Namun saat ini belum tersedia kolam air hangat untuk melemaskan otot-otot dan bagi orang yang tidak tahan dinginnya air di lereng gunung. (text/foto: annosmile)

== Tiket Masuk

Dewasa : Rp7.000,-/orang

== Rute

Dari kota Karanganyar menuju ke arah Gunung Lawu melewati Jalur Tawangmangu-Sarangan. Lokasi Grogogan Sewu setelah melewati pasar Tawangmangu dan belok ke kiri di kawasan wisata alam Tawangmangu.

== Informasi Lain

Di Tawangmangu sendiri terdapat banyak villa, hotel, dan penginapan dengan harga bervariasi disamping terdapat juga warung-warung kuliner dan cinderamata sehingga cocok digunakan sebagai tempat berlibur dan berwisata.

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ari:

    dulu saya sering wisata ke derojogan sewu, banyak monyet trus naek kuda… asyik deh pokoke…

  2. tukangpoto:

    Aduh saya sendiri belum pernah ke sana nih…

  3. andi setya irawan:

    klo saya sih udah sering kesono, tapi ya itu tadi” cuma belon ancelllllllllll.

  4. Tongkonan:

    Saya udah pernah ke sana, tp udah lama bgt. :)

  5. firmansyah:

    walaupun dari jakarta
    tpi saya pernah ksana
    tmpatnya bagus sx

  6. rumania:

    grojogan sewu keren abis
    i like it.

Kirim pendapat

error: Content is protected !!