Menggali Potensi Grojogan Pucung Pundong Bantul

Menggali Potensi Grojogan Pucung Pundong Bantul
3.33 (66.67%) 3 votes

Grojogan Pucung merupakan aliran air dari sumber mata air yang membentuk air terjun di kawasan perbukitan yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Grojogan atau air terjun ini dapat dibilang air terjun musiman karena hanya mengalir pada musim penghujan saja. Karakter air terjun ini bertingkat dengan satu air terjun tertinggi dan beberapa tingkatan air terjun kecil.

Grojogan atau Air Terjun Pucung terletak di dusun Pucung, desa Seloharjo, kecamatan Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Grojogan Pucung berada di daerah Pundong Bantul. Akses menuju lokasi hanya dapat ditempuh dengan kendaraan beroda dua saja. Rute menuju ke air terjun ini dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Parangtritis hingga tiba di kilometer 14. Setelah melewati SPBU kanan jalan dan Rumah Sakit Rachma Husada di kiri jalan ada simpangan jalan kecil tanpa lampu lalu lintas. Pilihlah jalan ke arah kiri hingga tiba di Pasar Pundong. Ikuti jalan lurus bila menemui persimpangan jalan dan hingga tiba di jembatan Soka yang telah dibangun permanen disamping Jembatan Gantung Soka.

Perjalanan menuju Grojogan Pucung Pundong dilanjutkan hingga menemui persimpangan atau pertigaan jalan yang menghubungkan antara Jalan Siluk-Parangtritis. Pilihlah jalan ke arah kanan dari Jembatan Soka dan ikuti Jalan Siluk-Parangtritis sejauh 1 (satu) kilometer. Perhatikan sisi kiri jalan mengenai keberadaan SD Muhammadiyah Kalipakem I. Kendaraan belek ke arah kiri masuk jalan ke perkampungan penduduk, melewati gapura, dan tiba di depan SD Muhammadiyah Kalipakem I. Ikuti jalan tersebut lurus sekitar seratus meter hingga jalan beurbah menjadi jalan semen cor dan menemui sebuah langar atau masjid kecil. Pilihlah jalan ke arah kiri sedikit menanjak dengan kontur jalan tanah hingga tiba di area parkir.

Pengunjung Grojogan Pucung Pundong masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak tanah yang kondisinya menanjak untuk tiba di lokasi air terjun. Kondisi jalan setapak cukup licin sehingga pengunjung diharapkan untuk berhati-hari. Perjalanan hampir sampai ketika menemui parit atau selokan air kecil dan pipa-pipa pralon. Tidak lama kemudian pengunjung sudah tiba di kawasan Grojogan Pucung yang dikelilingi rerimbunan pohon dan semak belukar.

Pemandangan Grojogan Pucung terlihat menarik dengan kontur air terjun bertingkat. Air terjun tertinggi memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan bentuk air terjun melebar yang langsung jatuh ke arah dasar. Pada bagian dasar terdapat kolam kecil dengan diameter sekitar 7 (tujuh) meter dan dapat digunakan sebagai tempat berenang atau berendam. Kondisi bebatuan berwarna putih karena bebatuan di sekitar tempat ini rata-rata bebatuan kapur.

Daya tarik tingkatan air terjun kecil yang lain di kawasan Grojogan Pucung Pundong juga tidak kalah menarik. Hanya saja pengunjung harus berhati-hari karena akses jalan cukup sulit dan tanahnya cukup licin untuk dilewati. Bagi saya pribadi Grojogan Pucung Pundong memiliki daya tarik air terjun yang hampir sama dengan air terjun lain yang ada di dekatnya yaitu Air Terjun Senthong Pundong.

Fasilitas pendukung wisata di Grojogan Pucung Pundong belum tersedia karena belum dikembangkan menjadi obyek wisata hingga saat ini. Pengunjung dihrapakan membawa bekal makanan dan perlengkapan saat menuju ke lokasi air terjun ini. Bila membutuhkan fasilitas kamar mandi atau wc umum disarankan menumpang di rumah warga setempat. Secara keseluruhan Grojogan Pucung Pundong Bantul dapat menjadi alternatif wisata air terjun di daerah selatan Bantul yang dekat dengan wisata Pantai Parangtritis. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Grojogan Pucung
Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : Rp 2.000,-

Kirim pendapat