Grojogan Lepo, Air Terjun Bertingkat Di Dlingo Bantul

Grojogan Lepo atau bernama lain Air Terjun Ledok Pokoh merupakan salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal di kabupaten Bantul. Air terjun ini telah dibuka sejak dua tahun lalu atau sekitar tahun 2013. Saat ini mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke wisata air terjun ini dan ramai pengunjung pada akhir pekan. Kondisi Air Terjun Grojogan Lepo masih cukup alami dan memiliki beberapa tingkatan air terjun.

Air Terjun Grojogan Lepo yang berasal dari singkatan Ledok Pokoh terletak di dusun Pokoh 1, desa Dlingo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Jalan Menuju Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Lokasi Air Terjun Grojogan Lepo berada di wilayah kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Rute terdekat menuju ke Air Terjun grojogan Lepo dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan hingga tiba pada sebuah pertigaan jalan di selatan Pasar Imogiri. Pilihlah jalan ke kiri kemudian ambil ke arah kanan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan dan Dlingo. Dari persimpangan jalan di Mangunan ambil jalan ke arah pusat kecamatan Dlingo atau arah pasar Dlingo. Sebelum memasuki pasar ada jalan ke arah kanan dan ikuti papan petunjuk jalan menuju ke Air Terjun Grojogan Lepo.

Akses jalan dari pusat kota Yogyakarta hingga kota kecamatan Dlingo sudah diaspal baik dan lebar. Namun beberapa ratus meter memasuki jalan yang melewati perkampungan penduduk, kondisi jalan masih sempit dan sebagian masih berupa jalan cor semen. Pengunjung cukup mudah mengakses tempat ini dengan kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua karena medannya tidak menyulitkan. Belum ada kendaraan umum menuju ke tempat ini kecuali menyewa ojek motor dari Imogiri.

Pembangunan fasilitas pendukung wisata di Air Terjun Grojogan Lepo belum sepenuhnya selesai dibangun karena dana yang turun diberikan bertahap setiap tahun dari pemerintah desa. Dana yang turun jumlahnya cukup sedikit sehingga menunda pengerjaan pembangunan.

Retribusi Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Kendaraan pengunjung Air Terjun Grojogan Lepo dapat diparkir di area parkir yang telah disediakan oleh pengelola wisata. Area parkir yang ada menggunakan halaman rumah penduduk di sekitar kawasan air terjun. Petugas parkir cukup sigap mengatur kendaraan pengunjung agar terparkir dengan rapi dan area parkir dapat menampung banyak kendaraan karena terbatasnya area parkir. Penjagaan parkir dilakukan secara bergantian oleh masyarakat yang tergabung dalam pokdarwis atau kelompok sadar wisata.

Baca Juga  Air Terjun Jabon, Potensi Wisata Air Terjun Musiman Banyu Ngleri Gunungkidul

Perjalanan menuju Air Terjun Grojogan Lepo dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 100 meter. Sepanjang jalan dilalui cukup teduh dari sengatan sinar matahari karena banyak ditumbuhi pepohonan besar di sekeliling. Pepohanan yang mendominasi disekitar kawasan ini adalah pohon sengon dan pohon jati. Diharapkan pohon-pohon tersebut tidak ditebang dan sebaiknya malah ditambah untuk menambah suasana lebih sejuk. Tidak lama kemudian pengunjung tiba di pintu masuk Wisata Alam Air Terjun Grojogan Lepo.

Air Terjun Pertama Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Pengunjung Air Terjun Grojogan Lepo dipersilakan memberikan sumbangan seikhlasnya untuk pengelolaan wisata air terjun ini. Sumbangan berupa uang sebagai pengganti tiket masuk dimasukkan kedalam kotak sumbangan yang ada di pinggir jalan setapak. Hasil dari sumbangan tersebut digunakan untuk membangunan fasilitas pendukung wisata dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

Air Terjun Grojogan Lepo terdiri dari beberapa tingkatan air terjun yang berada dalam satu aliran sungai. Air terjun pertama berada di samping tempat penarikan sumbangan. Ketinggian air terjun pertama ini cukup rendah dan kurang dari satu meter. Pemandangannya terkesan kurang menarik karena hanya terlihat sepertinya aliran sungai saja. Pada bagian bawahnya membentuk sebuah cekungan alami mirip kolam yang dapat digunakan untuk berenang. Kedalamannya sekitar 1-1.5 meter.

Air Terjun Kedua Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Air terjun kedua Grojogan Lepo hanya berada di bagian bawah air terjun pertama. Air terjun kedua ini terlihat lebih tinggi dan lebih menarik dibandingkan air terjun yang pertama. Air terjun ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang ditonjolkan dalam Air Terjun Grojogan Lepo ini. Ketinggian air terjun sekitar 10 meter dengan tipe air terjun melebar. Dinding air terjun yang dialiri air membentuk sebuah tirai kecil akibat proses pengendapan kapur yang larut dalam air.

Pada bagian dasar air terjun kedua Grojogan Lepo terdapat kolam yang memanjang sejauh 30 meter. Kolam ini memiliki kedalaman yang cukup dangkal atau kurang dari 1 meter. Kondisi tanggul kolam yang ada pada aliran sungai terlihat tidak alami atau buatan manusia. Hal tersebut menunjukkan bahwa aliran air sungai sengaja dibendung agar dapat digunakan untuk mandi dan berenang oleh pengunjung.

Baca Juga  Candi Risan, Situ Candi Terbesar Di Gunungkidul

Air Terjun Ketiga Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Air terjun yang ketiga Grojogan Lepo ini tidak kalah menarik dibandingkan air terjun yang kedua di Air Terjun Grojogan Lepo. Ketinggian air terjun yang ketiga ini hampir sama dengan ketinggian air terjun yang kedua dan dengan bentuk jatuhan air yang hampir sama juga. Hal yang unik dari air terjun ketiga Grojogan Lepo adalah batuan pada dinding sekitar air terjun yang berbentuk persegi panjang dan nampak seperti tersusun rata.

Pengunjung Air Terjun Grojogan Lepo dipersilakan mandi di kolam bawah air terjun yang cukup dangkal dan tidak berbahaya. Untuk anak-anak yang sedang berenang diharapkan untuk diawasi demi keamanan. Bila membutuhkan ban karet untuk berenang, pengelola juga menyediakan di dekat lokasi air terjun pertama. Selain itu pengelola juga secara rutin memantau segala aktivitas di setiap tingkatan air terjun agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Warung Makanan Di Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Arus kunjungan wisatawan ke Air Terjun Grojogan Lepo cukup ramai ketika akhir pekan atau hari libur. Sebagian pengunjung yang datang berasal dari luar kota karena penasaran dengan daya tarik wisata air terjun di tempat ini. Pada hari-hari biasa kadang lokasi Air Terjun Grojogan lepo digunakan untuk kegiatan outbound siswa sekolah setempat. Fasilitas pendukung yang ada disekitar Air Terjun Grojogan Lepo antara lain kamar mandi umum sekaligus kamar ganti dan warung-warung penjual makanan serta minuman.

Wisata Alam atau Air Terjun Grojogan Lepo menyajikan air terjun bertingkat di sepanjang aliran sungai cukup menarik untuk dikunjungi di daerah Dlingo Bantul. Jauhnya perjalanan ke tempat ini terbayar dengan pemandangan air terjun yang unik dan terlihat alami ini. Kawasan Wisata Air Terjun Grojogan Lepo ini disebut-sebut sebagai pelopor pengembangan pariwisata berbasis pedesaan di daerah Dlingo dan saat telah telah muncul beberapa desa yang mengikuti dengan mengembangkan daya tarik wisata serupa. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Grojogan Lepo (Ledok Pokoh)
Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: *seikhlasnya*
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: -

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. angki:

    wah bener banget mas anoo ni grojogan mulai nge hits hehe mantap mas…

  2. Idah Ceris:

    Mas, semisal ngga dibendung tuh ngga bisa buat mandi, gitu?

  3. mila said:

    bagus banget air terjunnya

  4. Jogja Outdoor:

    Liputan istimewa!

Kirim pendapat