Grebeg Selarong Bantul, Kirab Budaya Dan Pemecahan Rekor Blangkon Raksasa

Grebeg Selarong Bantul, Kirab Budaya Dan Pemecahan Rekor Blangkon Raksasa
3.8 (75%) 4 vote[s]

Grebeg Selarong merupakan agenda budaya tahunan untuk memperingati Hari Jadi Desa Guwosari sekaligus mempromosikan kembali wisata sejarah dan religi Goa Selarong yang merupakan peninggalan Pangeran Diponegoro. Acara Grebeg Selarong ini diprakarsai oleh Karang Taruna Dipo Muda dan Pemerintah desa Guwosari. Rangkaian kegiatan Grebeg Selarong cukup padat mulai pemecahan rekor blangkon raksasa, beragam lomba, pementasan kesenian lokal, hingga kirab budaya.

Grebeg Selarong diselenggarakan di halaman parkir Goa Selarong, desa Guwosari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Kirab Grebeg Selarong Bantul Melewati Jalan Goa Selarong

Lokasi penyenggaraan Grebeg Selarong berpusat di halaman parkir Goa Selarong Bantul. Untuk menuju ke Goa Selarong dari kota Yogyakarta cukup mudah dengan mengikuti Jalan Bantul hingga perempatan Masjid Agung Bantul. Pilihanlah jalan ke kanan atau ke arah barat menyusuri Jalan Lingkar Barat Bantul. Ketika menemui sebuah perempatan lampu lalu lintas, pilih jalan ke kanan dan ikuti petunjuk hingga tiba di kawasan Goa Selarong.

Kirab Dan Blangkon Raksasa Grebeg Selarong Bantul

Kirab Budaya merupakan puncak acara Grebeg Selarong setelah sehari sebelumnya dilakukan pementasan kesenian tradisional dan lomba. Kirab budaya ini terdiri dari barisan prajurit (bregada), gunungan, hingga ornamen unik. Kirab Grebeg Selarong dimulai dari Balai Desa Guwosari menuju ke arah halaman parkir Goa Selarong. Jarak tempuh yang harus dilalui peserta kirab kira-kira sejauh 3-4 kilometer. Acara sempat tertunda dikarenakan pada jadwal yang telah disepakati sebagian peserta kirab belum siap. Setelah tertunda selama dua jam barulah acara Kirab Grebeg Selarong dimulai.

Baca Juga  Patirtan Kamulyan, Sendang Pencari Kemuliaan dan Kesembuhan

Patung Pangeran Diponegoro Dalam Grebeg Selarong Bantul

Masyarakat sekitar cukup antusias dengan Kirab Budaya Grebeg Selarong ini terbukti sebelum acara kirab dimulai sudah memenuhi area tepi jalan yang dilalui kirab. Mereka menyambut riuh para peserta kirab yang berjalan dihadapan mereka. Sepanjang jalan yang dilewati kirab budaya ini ditutup total agar tidak mengganggu jalannya kirab dan sebagian jalan yang ada dialihkan. Kirab budaya ini cukup panjang karena diikuti belasan peserta yang berasal dari masing-masing dusun di desa Guwosari.

Penampilan Peserta Kirab Grebeg Selarong Bantul

Peserta Kirab Budaya Grebeg Selarong yang memasuki halaman parkir Goa Selarong langsung menampilkan aksinya dihadapan para tamu dan penonton. Penonton yang menyaksikannya cukup terhibur dengan penampilan yang ditampilkan oleh para peserta. Kondisi siang hari yang terik dan panas tidak menurunkan semangat para penampil untuk unjuk kebolehan dihadapan para penonton.

Gunungan Dalam Grebeg Selarong Bantul

Acara Kirab Budaya Grebeg Selarong Bantul ditutup dengan berebut gunungan yang dibawa oleh peserta kirab. Seluruh gunungan yang jumlahnya belasan ini langsung dibawa kembali ke halaman parkir Goa Selarong. Setelah didoakan terlebih dahulu, masyarakat yang hadir langsung berebut gunungan yang ada dihadapan mereka. Setelah acara berebut isi gunungan berakhir, perlahan-lahan penonton mulai meninggalkan lokasi. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat