Goa Watu Joglo Gunungkidul, Goa Yang Terbentuk Dari Reruntuhan Batu

Goa Watu Joglo merupakan salah daya tarik wisata alam di kawasan Desa Wisata Bobung Gunungkidul. Keberadaannya jarang didengar karena baru saja dibuka sebagai kawasan wisata untuk menambah daya tarik wisata di kawasan tersebut. Sebagai wisata pedesaan, Goa Watu Joglo cukup menarik dikunjungi karena masih sepi dan cocok digunakan untuk kegiatan di alam seperti outbound.

Goa Watu Joglo secara administratif terletak di dusun Bobung, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Goa ini dibuka menjadi kawasan wisata mulai Juni 2014.

Papan Nama Goa Watu Joglo Patuk Gunungkidul

Lokasi Goa Watu Joglo berada di dalam kawasan Desa Wisata Bobung yang terkenal dengan sentra pengrajin topeng kayunya. Rute dari kota Yogyakarta ikuti Jalan Wonosari hingga tiba di daerah Patuk Gunungkidul. Selanjutnya cari petunjuk arah menuju Desa Wisata Bobung pada sebelah kiri jalan. Saat melewati jalan menanjak di dalam kawasan Desa Wisata Bobong perhatikan kiri jalan terdapat papan petunjuk arah menuju Goa Watu Joglo. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di area parkir wisata goa tersebut.

Saat ini terdapat tiga akses jalan menuju ke Goa Watu Joglo yaitu dari timur melalui dusun Bobung, dari barat melalui dusun Kepil, dan dari dusun Plumbungan (Kampung Emas).

Pintu Masuk Goa Watu Joglo Patuk Gunungkidul

Perjalanan menuju Goa Watu Joglo Bobung dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di belakang pemukiman penduduk. Kondisi jalan setapak cukup mudah dilalui dan selama perjalanan dihibur dengan pemandangan khas perbukitan kapur Gunungkidul. Posisi goa tersebut berada di tengah-tengah aliran sungai yang menjadi perbatasan dua padukuhan atau dusun.

Baca Juga  Mengais Sisa-Sisa Sejarah di Kawasan Pasar Kotagede

Aliran Air Di Dalam Goa Watu Joglo Patuk Gunungkidul

Goa Watu Joglo Bobung sebenarnya lebih terlihat seperti tumpukan batuan raksasa yang membentuk celah atau rongga pada bagian dasarnya. Batuan tersebut diduga merupakan batuan gunung api purba yang berasal dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Disekitar goa juga banyak ditemukan batuan sejenis namun ukurannya lebih kecil.

Goa Watu Joglo Bobung memiliki lebar 10 meter dengan panjang lorong sekitar 30 meter ke arah dalam. Ukuran mulut goa cukup lebar karena terdiri dari tumbukan dua batuan raksasa. Pada bagian langit-langit goa terdapat beberapa celah lubang masuk cahaya yang menerangi bagian dalam goa. Perlahan-lahan lubang goa mengecil dan ujung goa merupakan celah batu kecil menuju ke area diatas goa tersebut. Tidak terdapat stalaktit maupun stalakmit di dalam goa ini.

Gazebo Di Sekitar Area Goa Watu Joglo Patuk Gunungkidul

Pada musim penghujan, dari dalam Goa Watu Joglo dilewati aliran air yang berasal dari sungai yang ada diatasnya. Debit air cukup melimpah pada musim penghujan dan muncul air terjun dadakan di dalam goa. Air terjun tersebut terbentuk dari celah lubang batu yang dilewati aliran air. Sedikit informasi yang didapat, aliran sungai tersebut berhulu dari Air Terjun Banyunibo Patuk. Pada musim kemarau aliran air mengering karena dari atas dibendung untuk kebutuhan air masyarakat setempat.

Rumah Pohon Dan Lokasi Outbound Di Sekitar Goa Watu Joglo Patuk Gunungkidul

Selain daya tarik Goa Watu Joglo Bobung, disekitar kawasan dibangun beberapa fasilitas penunjang dan lokasi outbond. Sebut saja gardu pandang pohon, arena panjat pohon, dan area teduh yang dikeliling rerimbunan pohon. Cukup menarik dan dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan kegiatan outbound dengan lokasi sekitar Patuk Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Goa Watu Joglo
Dusun Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    wah, Bobung, Tanjakan ke sana berat… >,<

  2. Tirta Wahyu:

    Wew, ini desa wisata Bobung deket Nglanggeran ya kang? Baru tau kalo ada goa-nya

  3. angkisland:

    wah seru juga mas… cobain dah….

  4. Jarwadi MJ:

    di sana juga ada sentra kerajinan topeng yang ciamik

Kirim pendapat