Goa Sumur

Rate this post

Goa Sumur merupakan goa yang sering kita dengar saat mengunjungi kompleks goa di kawasan Taman Wisata Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Goa ini masih sering digunakan sebagai tempat ritual atau bersembahyang khususnya umat beragama Hindu. Hal ini terlihat dengan banyaknya sesaji yang diletakkan di mulut Goa Sumur.

Goa Sumur merupakan goa kecil yang didalamnya terdapat kolam kecil dimana airnya jernih, dingin, dan terdapat tetesan air yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Air tersebut dinamakan Tirta Prawitasari dipercaya mempunyai tuah dan dijaga oleh Eyang Kumolosari, makhluk halus yang menjaga tempat ini. Air dari goa ini sering dimanfaatkan oleh umat Hindu dari Pulau Bali upacara Muspe atau Mabakti. Selain itu Tirta Prawitasari ini juga dipercaya bisa membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit dan juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus.

Pintu Masuk Goa Sumur Dieng

Posisi Goa Sumur berada di samping Goa Pengantin atau berada di sebelah bawah Goa Sumur. Di depan Goa Sumur terdapat patung bercat emas berbentuk seorang wanita yang sedang memegang kendi. Posisinya seakan-akan menumpahkan isi dalam kendi yang memberikan arti bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan atau situs pertirtaan.

Keberadaan Goa Sumur ini sangat penting karena selain digunakan untuk sembahyang umat Hindu juga digunakan masyarakat sekitar Dataran Tinggi Dieng untuk rangkaian prosesi upacara adat cukur rambut anak gimbal Dieng. Juru kunci goa berdoa didalam Goa Sumur kemudian mengambil air suci untuk dipercikkan pada rambut anak gimbal sebelum dicukur atau dipotong. Saya pernah menyaksikan upacara cukur rambut gimbal Dieng di lokasi goa ini sebelum dipindah ke area Kompleks Candi Arjuna. Karena sangat disakralkan, Goa Sumur dipagar rapat dengan besi agar pengunjung biasa tidak dapat masuk kecuali meminta izin dulu di kantor pengelola Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Goa Sumur Dieng
Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Kirim pendapat