Goa Pengantin

Goa Pengantin
3.3 (66.67%) 3 votes

Goa Pengantin merupakan salah satu goa yang dikeramatkan di kawasan Telaga Warna Dieng. Goa ini sebenarnya hanya berupa celah batu dengan kedalaman kurang dari 10 meter. Kondisinya dipugar dan diberi pagar pintu untuk menjaga dari hal-hala yang tidak diinginkan. Keberadaannya digunakan sebagai pelengkap wisata dan lokasi ritual dalam upacara adat yang masih dilestarikan di sekitar Dataran Tinggi Dieng.

Goa Pengantin terletak di Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna dan Telaga Pengilon, desa Dieng Wetan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Mulut Goa Pengantin Dieng

Bila dilihat sekilas dari luar, Goa Pengantin nampak seperti celah batu biasa. Anggapan tersebut tidak berubah ketika kita mengintip lubang goa tersebut karena dari mulut goa sudah terlihat ujung goa. Goa Pengantin ini tidak digunakan untuk penelusuran goa seperti goa-goa pada umumnya. Menurut papan informasi yang ada, Goa Pengantin ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan sering digunakan untuk ritual-ritual tertentu.

Beberapa orang menganggap bahwa Goa Pengantin merupakan goa suci sebagai tempat memohon kepada Yang Widi. Pada waktu-waktu tertentu banyak orang mencari wangsit di tempat tersebut khususnya yang menyangkut jodoh atau pendamping hidup. Sesuai dengan namanya, Goa Pengantin menjadi tempat seseorang yang mempercayainya untuk segera mendapatkan jodoh bila sulit untuk mendapatkannya. Percaya tidak percaya masih banyak orang yang melakukan ritual tersebut di area Goa Pengantin ini. Namun saat kami tiba di area Goa Pengantin, suasana tampak sepi dan tidak terlihat adanya aktivitas doa di seputaran goa ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat