Goa Maria Belinyu, Salah Satu Wisata Ziarah Di Belinyu Bangka

Goa Maria Belinyu, Salah Satu Wisata Ziarah Di Belinyu Bangka
2.5 (50%) 2 vote[s]

Goa Maria Belinyu atau bernama asli Goa Maria Pelindung Segala Bangsa  merupakan tempat ziarah dan ibadah umat Katholik di daerah Belinyu kabupaten Bangka. Goa maria ini dibangun diatas bukit yang bernama Bukit Mo Thian Liang yang memiliki arti bukit menggapai langit. Tempat ini menjadi salah satu wisata favorit di Belinyu selain menjadi tempat berziarah para umat.

Goa Maria Belinyu terletak di  Jalan Safyri Rahman, kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Patung Bunda Maria Di Goa Maria Belinyu Bangka

Lokasi Goa Maria Belinyu berada di atas Bukit Mo Thian Liang yang terletak di belakang Gereja Katholik Belinyu. Cukup mudah menemukan tempat ini karena berada di jatung kota Belinyu. Peziarah dan pengunjung yang akan menuju tempat ini hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum menuju tempat ini.

Sejarah pembangunan Goa Maria Belinyu berawal dari keinginan umat Katholik yang tinggal di Belinyu pada tahun 1988 yang ingin memiliki goa maria. Selang beberapa tahun, ada sebuah keluarga bermurah hati menyerahkan sebidang tanah di lahan perbukitan Moh Thian Liang untuk dibangun goa maria. Pembangunan dimulai pada tanggal 8 Februari 1997 dan dilakukan secara bertahap. Barulah pada 8 Desember 1999, goa maria ini secara resmi diberkati oleh Bapa Uskup keuskupan Pangkalpinang, bertepatan dengan Pesta Pelindung Paroki Belinyu “Santa Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda”. Goa Maria tersebut lalu dinamakan “Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa” dan sekarang dikenal dengan nama Goa Maria Belinyu.

Baca Juga  Pantai Tanjung Putat Bangka, Asiknya Menikmati Senja Sambil Bermain Air

Patung Salib Di Goa Maria Belinyu Bangka

Goa Maria Belinyu ramai dikunjungi peziarah pada bulan Mei dan Oktober. Pada bulan-bulan tersebut jumlah peziarah yang datang ke tempat ini mencapai ribuan. Rata-rata peziarah yang datang bukan berasal dari Bangka sendiri melainkan datang dari luar Bangka. Sebut saja peziarah dari pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Namun tidak sedikit peziarah yang berasal dari luar negeri seperti Australia, China, Belanda, Amerika, Kanada, Polandia. Selain itu Goa Maria Belinyu juga ramai dikunjungi para umat setiap hari sabtu dan minggu.

Goa Maria Belinyu juga terbuka untuk umum atau wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini. Kawasan ini terbuka untuk umum dan seluruh agama apapun yang ada di dunia ini. Hal ini ditandai dengan ketiadaan penjagaan seperti pos keamanan di pintu masuk sehingga orang bebas keluar masuk tempat ini. Biasanya wisatawan yang berkunjung di tempat ini hanya sekedar berkeliling dan berfoto. Mereka cukup tertarik dengan keindahan taman dan suasana asri goa maria tersebut. Diharapkan pengunjung yang dapat ke tempat ini memperhatikan norma kesopanan karena kawasan tersebut merupakan tempat ibadah. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat