Goa Jepang Tahura Bandung

Goa Jepang Tahura Bandung merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang terdapat di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat Ir. H. Djuanda Bandung. Keberadaannya melengkapi daya tarik wisata Tahura yang cukup luas dan memanjang di sisi utara dan timur laut kota Bandung.

Goa Jepang Tahura beralamat di Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda No. 99, desa Ciburial, kecamatan Cimenyan, kota Bandung, Jawa Barat 40198.

Lokasi Goa Jepang berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat Ir. H. Djuanda Bandung. Jaraknya sekitar 600 meter dari pintu masuk utama Gerbang Tahura Dago Pakar. Akses menuju tempat ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Goa Jepang yang berada dalam kawasan Tahura Ir. H. Djuanda dibangun oleh militer Jepang saat pendudukan tahun 1942. Jepang menjadikan Bandung sebagai markas dari salah satu tiga Kantor Besar (Bunsho) di pulau Jawa. Pembangunan Goa Jepang dilakukan untuk lebih memaksimalkan penggunaan goa buatan sebelumnya yang dibangun oleh Belanda (Goa Belanda). Proses pembangunannya menggunakan tenaga kerja rakyat Indonesia yang disebut sebagai romusha. Fungsi utamanya sebagai tempat perlindungan, penyimpanan logistik, komunikasi perang, dan barak militer. Goa ini memiliki 18 bunker dimana memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti sebagai tempat pengintaian, eksekusi hukuman (tembak mati), ruang pertemuan, dapur, dan gudang persenjataan. Jarak antar bungker cukup berdekatan sekitar 30 meter.

Baca Juga  7 Bioskop Tua Yang Pernah Ada Di Pemalang

Catatan pengelolaan Tahura Ir. H. Djuanda Goa Jepang belum mengalami renovasi seperti Goa Belanda yang ada di dekatnya. Kondisi Goa Jepang masih asli seperti saat ditinggalkan Jepang walaupun sedikit mengalami kerusakan akibat perkembangan zaman. Pada beberapa titik bunker terdapat jalan buntu karena sebenarnya pembangunan goa belum selesai hingga Jepang menarik diri dari Indonesia. Instalasi listrik pun tidak ditemukan di dalam goa sehingga suasana gelap gulita. Pengunjung atau wisatawan yang ingin berwisata keliling Goa jepang disarankan menyewa pemandu untuk menjaga agar tidak tersesat di dalam goa dan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai sejarah Goa Jepang di Tahura Bandung ini. Selain itu kisah mistis mengenai Goa Jepang yang beredar seperti cerita hantu atau makhluk gaib yang mendiami oa ini tidak menyurutkan niat wisawatan masuk ke dalam karena sensasinya hampir sama seperti ketika masuk ke dalam lorong bawah tanah Lawang Sewu di Semarang. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Goa Jepang Tahura
Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda No. 99, desa Ciburial, kecamatan Cimenyan, kota Bandung, Jawa Barat 40198

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 12.000,-
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-

Kirim pendapat