Touring Gilimanuk Denpasar

Jarak Gilimanuk menuju ke Denpasar atau sebaliknya sekitar 137 km dengan perkiraan waktu 3-4 jam. Perjalanan Gilimanuk menuju ke kota Denpasar di Pulau Bali dimulai selepas keluar dari pelabuhan penyebrangan ferri Gilimanuk. Pertama kali keluar kawasan pelabuhan Gilimanuk, pengguna kendaraan disambut gapura selamat datang masuk wilayah Provinsi Bali. Pertigaan besar pertama merupakan persimpangan jalan menuju ke arah Pulau Bali sisi utara (Singaraj, Buleleng) dan sisi selatan (Negara, Tabanan, Denpasar). Pilihlah jalan lurus menuju ke arah Denpasar yang dikenal sebagai Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk.

Jalan Raya Gilimanuk-Denpasar

Pembuka Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk melintasi kawasan Taman Nasional Bali Barat sejauh beberapa kilometer. Rerimbunan pohon di sisi kanan dan kiri jalan menghiasi perjalanan saat melintasi taman nasional tersebut. Selanjutnya perjalanan melewati wilayah barat kabupaten Jembrana. Selama perjalanan akan melewati jalan yang berada di dekat pesisir pantai. Sekitar 1 (satu) jam perjalanan dari Gilimanuk dengan kecepatan sedang akhirnya tiba di kota Negara yang menjadi ibukota kabupaten Negara. Keluar dari kota Negara masih masuk wilayah kabupaten Jembrana. Beberapa daerah kecil yang dilewati di sisi timur kota Negara yang masih berada dalam kabupate Jembrana antara lain Pulukan dan Pekutatan.

Perjalanan memasuki wilayah kabupaten Tabanan setelah menghabiskan waktu perjalanan 2,5 jam dari Gilimanuk. Kondisi sebagian Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk di kabupaten Tabanan tidak berada di pesisir pantai lagi dan sedikit masuk ke bagian tengah Pulau Bali. Kurang dari 30 menit perjalanan memasuki kota Tabanan. Lalu lintas di pusat kota Tabanan cukup ramai dan harus mengurangi kecepatan kendaraan. Dari kota Tabanan perjalanan dilanjutkanke arah timur menuju Mengwi sejauh 8 km (delapan kilometer). Sebelum memasuki Simpang Mengwi akan menemui Terminal Mengwi terlebih dahulu.

Baca Juga  Beginilah Rasanya Perjalanan Bus AKAP Jogja-Denpasar

Simpang Mengwi merupakan persimpangan besar yang menghubungkan wilayah utara pulau Bali dengan wilayah Selatan pulau Bali. Simpang ini menghubungkan daerah Buleleng dan Singaraja dengan daerah Tabanan dan Mengwi. Perhatikan papa petunjuk jalan karena ada jalan satu arah dan pilihlah jalan menuju ke arah Denpasar. Perjalanan dari daerah Mengwi kabupaten Tabanan menuju ke Denpasar sekitar 16 km atau membutuhkan waktu 15-30 menit bila lalulintas jalan tidak macet atau padat kendaraan. Kondisi Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk yang menghubungkan antara Mengwi dengan Denpasar sudah lebih lebar dan beraspal baik dibandingkan kondisi jalan raya yang melewati kabupaten Jembrana. Selama perjalanan dari Mengwi menuju Denpasar akan melewati Jalan Kapal, RSUD Badung, Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung, Jalan Sempidi, dan Jalan HOS Cokroaminoto. Gerbang masuk wilayah kota Denpasar adalah keberadaan Terminal Ubung yang berada di ujung utara kota Denpasar. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat