Gerbang Samudraraksa Borobudur, Hanya Bagus Difoto Menggunakan Drone

3/5 - (2 votes)

Gerbang Samudraraksa atau yang menulisnya dengan Samudra Raksa adalah gerbang masuk Kawasan Borobudur dari sisi selatan dan akses utama dari Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Gerbang Samudraraksa dibangun oleh Kementrian PUPR untuk mengembangkan dan meningkatkan daya tarik obyek wisata Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Pembangunan kawasan ini dimulai pada tahun 2020 dan ditaretkan selesai pada akhir tahun 2021.

Gerbang Samudraraksa beralamat di Jalan Raya Kalibawang, dusun Klangan, desa Banjaroyo, kecamatan Kalibawang, kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta 55672.

Lokasi Gerbang Samudraraksa berada di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Posisinya tepat berada di atas tebing aliran Sungai Progo yang bermuara ke laut selatan. Kawasan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu area sisi kanan jalan dan kiri jalan.

Area di sebelah kiri jalan kawasan Gerbang Samudraraksa fokus pada tulisan “Selamat Datang di Kawasan Borobudur”. Sedangkan area di sebelah kanan merupakan area inti dimana terdapat bangunan utama, area parkir, taman, dan beberapa hiasan patung. Ikon atau patung yang dibangun terinspirasi dari relief Candi Borobudur. Selain berfungsi sebagai gerbang masuk, kawasan ini dikembangkan sebagai rest area, pusat souvenir, dan tempat memajang produk UMKM.

Foto-foto yang beredar mengenai kawasan Gerbang Samudraraksa rata-rata diambil dari menggunakan drone. Hal itu dikarenakan sudut pengambilan foto terbaik kawasan ini dari atas atau dari udara. BIla difoto dari tepi jalan terlihat kurang menarik atau terlihat biasa karena banyak gangguan seperti kabel telepon dan listrik yang melintang mengganggu pemandangan. Secara keseluruhan Gerbang Samudraraksa menambah daya tarik kawasan Borobudur dari sisi selatan apabila sudah dibuka di diresmikan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  130 Nama Pantai Yang Berada Di Kawasan Gunungkidul
INFORMASI
Gerbang Samudraraksa
Jl. Raya Kalibawang, dusun Klangan, desa Banjaroyo, kecamatan Kalibawang, kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta 55672

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*

Kirim pendapat