Deskripsi Geoforest Turunan Gunungkidul

Deskripsi Geoforest Turunan Gunungkidul
4 (80%) 1 vote

Geoforest Turunan merupakan non geological site atau situs non geologi di kabupaten Gunungkidul. Kawasan situs non geologi ini termasuk dalam daftar Geosite Gunung Sewu yang telah ditetapkan sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN) oleh UNESCO. Luas kawasan mencakup area hutan di daerah ujung barat Gunungkidul diman masuk wilayah desa Girisuko, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul.

Situs non geologi Geoforest Turunan terdiri dari perbukitan batu kapur atau gamping khas pegunungan seribu, patahan sesar tebing Sungai Oyo, aliran Sungai Oyo, dan hutan konservasi yang dikenal dengan nama Hutan Turunan. Keanekaragaman hayati di kawasan ini didominasi oleh pohon jati, semak belukar, dan burung liar. Saat ini, sebagian kawasan ini dikelola dan dikembangkan masyarakat setempat menjadi obyek wisata. Berikut daftar wisata yang berada di dalam kawasan Geoforest Turunan antara lain :

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Gallant:

    Ayo agendakan lagi dong, Mbah.

Kirim pendapat