Geblek Pari Nanggulan, Kuliner Khas Kulon Progo Di Pinggir Persawahan

Geblek Pari Nanggulan, Kuliner Khas Kulon Progo Di Pinggir Persawahan
3.3 (66.67%) 3 votes

Geblek Pari Nanggulan merupakan warung atau rumah makan yang berkonsep suasana pedesaan dengan pemandangan area persawahan luas. Konsep tempat makan semacam ini sebenarnya bukanlah hal baru namun masih jarang yang menggunakan konsep seperti ini di daerah Kulon Progo. Pengelola berharap adanya rumah makan semacam ini dapat melengkapi daya tarik wisata di daerah Kulon Progo.

Geblek Pari Nanggulan terletak di dusun Pronosutan, desa Kembang, kecamatan Nanggulan, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Lokasi Geblek Pari Nanggulan berada di tepi hamparan persawahan luas Nanggulan sebelah barat Pasar Wage Kenteng. Rute termudah menuju tempat ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan Godean. Ikuti jalan lurus ke arah barat hingga menyebrangi jembatan Sungai Progo dan menemukan perempatan lalu lintas Kenteng Nanggulan. Pilih jalan lurus ke arah Pasar Kenteng Nanggulan atau mengikuti papan petunjuk arah menuju ke obyek wisata Kedung Pedut dan Goa Kiskendo. Sesampai di area Pasar Wage Kenteng, pelankan laju kendaraan dan sekitar 50 meter setelah area pasar ada papan nama Warung Geblek Pari Nanggulan. Arahkan kendaraan masuk ke kanan melewati jalan beraspal yang melewati perkampungan penduduk. Tidak lama kemudian akhirnya pengunjung tiba di lokasi. Area parkir yang disediakan tidak luas namun dapat menampung hingga belasan kendaraan beroda empat dan puluhan kendaraan beroda dua.

Warung Geblek Pari Nanggulan Kulon Progo memiliki konsep yang menghadirkan suasana pedesaan dengan pemandangan area persawahan yang luas. Pemilihan lokasi warung ini cukup tepat karena berada di tepi perkampungan penduduk yang berbatasan langsung dengan area persawahan yang luas. Desain warung ini menggabungkan antara tradisional dan modern dimana terdapat rumah joglo kayu dan bangunan modern yang terbuat dari besi galvalum yang tahan karat. Pada sekelilingnya dibangun taman kecil dan kolam untuk pemeliharaan ikan. Tidak ketinggalan meja kursi kayu yang disengaja diletakkan di luar bangunan untuk memberikan kesan bersantap di alam terbuka.

Menu utama yang ditawarkan Warung Geblek Pari Nanggulan adalah masakan khas desa dan makanan khas Kulon Progo yaitu geblek. Masakan khas desa yang disediakan ada sayur brongkos, sayur lodeh, sayur daun ketela, dan sop sayur. Lauk yang disediakan ada telur dadar goreng, cakar bacem, tahu bacem, dan ikan pindang. Untuk minuman sendiri, warung ini menyediakan teh, jeruk, serai, kopi, dan teh bunga rosella. Tidak ketinggalan camilan seperti pisang goreng. tempe goreng, dan tentu saja geblek khas Kulon Progo.

Pengunjung Warung Geblek Pari Nanggulan dipersilakan memesan minuman dan camilan di meja kasir atau meja pemesanan. Sedangkan bila ingin makan, pengunjung dipersilakan mengambil sendiri di dapur belakang meja kasir. Di dalam dapur terdapat meja yang terdapat beberapa panci berisi sayur dan lauk. Pengunjung bebas mengambil nasi dan sayur sebanyak yang dibutuhkan kecuali lauk dihitung per biji. Konsep mengambil makan sendiri ini sudah banyak diaplikasikan pada rumah makan atau restoran bergaya tradisional yang pernah saya kunjungi seperti Warung Kopi Klotok di Sleman dan Kampung Mataraman di Ringroad Selatan Yogyakarta,

Pengunjung yang telah mengambil makanan di dapur dipersilakan menuju tempat duduk yang mereka pilih untuk menikmati sajian makanan. Tidak lama kemudian pesanan minuman dan camilan diantar ke meja makan oleh pelayan. Cita rasa masakan yang ditawarkan cukup menarik dengan rasa yang tidak mengecewakan.

Harga makanan dan minuman di Warung Geblek Pari Nanggulan ini cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Tidak seperti rumah makan lain yang berkonsep serupa tapi harganya melebihi restoran. Pengunjung tidak perlu takut memesan makanan dan minuman karena harganya tercantum cukup jelas pada daftar menu. Sebagai catatan warung ini tidak menyediakan plastik pembungkus. Pengunjung yang ingin membawa pulang makanannya dipersilakan membawa plastik atau wadah sendiri. Secara keseluruhan warung ini dapat direkomendasikan sebagai tempat bersantap pagi ataupun siang ketika berwisata di sekitar Kulon Progo khususnya ke Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, dan sebagainya yang melewati area Pasar Wage Kenteng Nanggulan. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Camilan

  • Pisang Goreng : Rp 5.000,-
  • Geblek : Rp 5.000,-

Sayur

  • Lodeh : Rp 4.000,-
  • Brongkos : Rp 4.000,-
  • Sop : Rp 4.000,-

Lauk

  • Cakar Bacem : Rp 2.000,-
  • Telur Dadar : Rp 3.000,-
  • Ikan Pindang : Rp 3.000,-
  • Tahu Bacem : Rp 3.000,-

Nasi Putih : Rp 3.000,-

INFORMASI
Geblek Pari Nanggulan
Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.30 s/d 17.30 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. D Sukmana Adi:

    kenapa klo saya ke blogmu mesti makanan makanan yang antimainstream..
    sukak..referensi gak harus makanan mahal kayak blog sebelah..
    hehe..nek meh ke jogja sekitarnya saya bukanya teamtouring heheeh

Kirim pendapat