Gazebo Turgo, Lokasi Favorit Bersantai Di Kawasan Turgo

4/5 - (3 votes)

Gazebo Turgo atau Gasebo Turgo merupakan daya tarik wisata baru di kawasan Turgo yang lebih terkenal dengan Petilasan Syeh Jumadil Qubro di puncak bukit. Keberadaan tempat ini belum lama dibangun untuk menambah daya tarik wisata di Desa Wisata Turgo. Konsep awal pembangunan kawasan ini sebagai tempat bersantai dan beristirahat bagi wisatawan yang datang ke kawasan Turgo.

Gazebo Turgo beralamat di dusun Turgo, desa Purwobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582

Lokasi Gazebo Turgo berada di perbatasan antara desa Tritis dengan desa Turgo tepatnya di samping Jembatan Surapanggah (Suropanggah). Rute menuju gazebo ini dari pusat kota Yogyakarta lurus ke arah utara melewati Jalan Monjali, Jalan Palagan Tentara Pelajar, dan jalan Turgo hingga tiba di lokasi. Cukup mudah menemukan lokasi gazebo ini meskipun kondisi jalan yang dilalui perlahan-lahan naik dan menyempit. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua saja, pengunjung yang membawa kendaraan roda empat dapat parkir di tepi jalan dekat dengan Jembatan Surapanggah.

Gazebo Turgo mulai dibangun pada kisaran tahun 2020 di atas tanah sempit dibawah tebing Bukit Turgo yang cukup teduh dan rimbun oleh pepohonan. Hanya saja pembangunannya tampak belum rampung karena mungkin dilakukan secara bertahap. Fasilitas yang dibangun sudah cukup lengkap mulai dari panggung hiburan yang berbentuk gazebo besar, gazebo kecil buat bersantai, kamar mandi umum, taman, dan area penjual makanan dan minuman. Bahan baku pembangunan gazebo memanfaatkan potensi sekitar yang banyak terdapat pohon bambu dan bongkahan batu erupsi Gunung Merapi puluhan tahun lalu yang mencapai kawasan ini.

Keramaian kawasan Gazebo Turgo pada pagi hari terlebih pada liburan akhir pekan. Banyak wisatawan khususnya para pesepeda yang mampir di tempat ini saat mengambil rute bersepeda menuju Turg Kaliurang. Tempat ini cukup nyaman untuk bersantai sambil menghirup udara yang segar dan angin yang sejuk. Harga makanan dan minuman yang dijual pedagang disini cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Hanya saja di tempat ini pengunjung belum atau tidak menemukan penjual yang menjajakan makanan khas Kaliurang seperti Sate Kelinci, Nasi Pecel Kaliurang, dan Jadah Tempe Kaliurang. Secara keseluruhan Gazebo Turgo menjadi tempat favorit berhenti dan bersantai di kawasan Turgo Kaliurang. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Hutan Pinus Kalilo Purworejo, Wisata Hutan Pinus Di Perbatasan Jateng-Jogja

Kirim pendapat