Kuliner Kopi Aceh Di Gayo Ngopi Arabica Yogyakarta

Kuliner Kopi Aceh Di Gayo Ngopi Arabica Yogyakarta
3.3 (66%) 10 votes

Gayo Ngopi Arabica merupakan kedai kopi khas Aceh berkonsep warung kakilima di Yogyakarta. Kedai kopi yang membuka dagangannya di tepi Jalan Taman Siswa ini dirintis oleh anak mahasiswa Asrama Aceh yang ada dibelakang kedai tersebut. Keberadaannya cukup dikenal bagi penikmat sajian kopi khususnya kopi yang berasal dari tanah Aceh ini.

Kedai Gayo Ngopi Arabica berada di depan Asrama Mahasiswa Aceh Yogyakarta, Jalan Taman Siswa No. 13 Yogyakarta.

Suasana Kedai Gayo Ngopi Arabica Yogyakarta

Lokasi Kedai Kopi Gayo Ngopi Arabica berada di trotoar Jalan Taman Siswa Yogyakata. Rute menuju kedai ini dari titik nol kilometer Yogyakarta ke arah timur hingga persimpangan Pasar Sentul. pilihlah jalanke arah kanan atau ke arah selatan menuju Jalan Taman siswa. Posisi kedai tersebut berada di sebelah kiri jalan depan Asrama Mahasiswa Aceh, seberang jalan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wirogunan Yogyakarta, dan disebelah Warung Ayam Bakar Tamsis. Parkir pengunjung dapat menggunakan area tepi jalan.

Barista Kedai Gayo Ngopi Arabica Yogyakarta

Kedai Gayo Ngopi Arabica Yogyakarta hanya menyediakan menu minuman kopi khas Aceh (Gayo) saja dan tidak menyediakan kopi atau jenis minuman yang lain. Selain itu untuk menu makanan yang tersedia hanya menyediakan camilan berupa kacang telur dan roti bolu saja. Kopi Aceh Gayo yang ditawakan oleh kedai kopi ini adalah 3 (tiga) macam yaitu Kopi Gayo Natural (biasa), Kopi Gayo Peaberry (kopi berbiji satu), dan Kopi Gayo Abyssinia. keberadaan Kopi gayo Peaberry yang berbiji satu atau monokotil mengingatkan saya kepada Kopi Lanang Malangsari Banyuwangi. Semua sajian kopi yang ditawarkan kedai kopi ini berjenis kopi Arabica dan tidak menyediakan jenis kopi lain yaitu kopi Robusta.

Proses penyeduhan Kopi Aceh Gayo di Kedai Gayo Ngopi Arabica terdapat beberapa macam teknik penyeduhan antara lain kopi tubruk, teknik kone filter, aeropress, v60, cemex, dan ekspresso. Selain itu juga ada variasi olahan kopi susu khas Aceh. Semua sajian kopi dipersiapkan satu per satu dihadapan para pembeli dan pembeli bisa mengamati proses penyeduhannya. Diantara menu yang tersedia saya mencoba Kopi Gayo Abyssinia dengan teknik penyeduhan V60.

Kopi Gayo Abyssinia Di Kedai Gayo Ngopi Arabica Yogyakarta

Kopi Gayo Abyssinia Arabika merupakan varietas kopi tua yang cukup langka dan ditanam di Pantan Musara, Pegasing, Takengon, Aceh Tengah. Varietas kopi ini merupakan turunan langsung kopi Gesha yang berasal dari Ethiopia. Kopi Gesha termasuk kopi kelas atas yang seringkali menjuarai kontes-kontes kopi internasional. Secara kasat mata, seduhan kopi Gayo Abyssinia Arabika berwarna hitam pekat seperti kopi Gayo pada umumnya. Namun saat dinikmati, cita rasanya yang ditawarkan cukup berbeda. Cita rasa yang ditawarkan saat menikmati Kopi Gayo Abyssinia Arabika adalah rasa sedikit masam, sedikit gurih, dan rasa manis. Saya cukup kagum dengan cita rasa Kopi Gayo Abyssinia Arabika karena jenis ini masih cukup langka ditemukan di kedai-kedai kopi di sekitar Yogyakarta. Harga yang ditawarkan pun tergolong murah dan terjangkau untuk segala kalangan. Secara keseluruhan Kedai Gayo Ngopi Arabica dalah menjadi salah satu pilihan menikmati sajian kopi khas Aceh (Gayo) di Yogyakarta khususnya di daerah Taman Siswa dengan kualitas kedai kopi profesional dan dengan harga yang terjangkau. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Akhmad Muhaimin Azzet:

    Konsepnya sederhana, tapi asyik ngopi sambil nongkrong di sini :)

    • admin:

      Hi Akhmad Muhaimin Azzet,
      Iya kak, saya sudah beberapa kali kemari mencicipi sajian kopi dengan varian yang berbeda :-)

Kirim pendapat