Gathot Thiwul Yu Tum, Jajanan Khas Gunungkidul Yang Melegenda

Gathot Thiwul Yu Tum merupakan salah satu makanan khas Gunungkidul yang banyak digemari wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Keberadaannya sudah tidak asing di mata wisatawan karena cita rasanya yang khas dan jarang ditemukan di tempat lain. Tidak heran bila wisawatan yang akan meninggalkan wilayah Gunungkidul sering kali mampir ke tempat ini untuk membeli makanan ini sebagai oleh-oleh.

Gathot Thiwul Yu Tum beralamat di Jalan Pramuka, kota Wonosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Warung thiwul ini didirikan pada tahun 1985 oleh seorang wanita yang bernama Tumirah. Seiring berjalannya waktu, nama Tumirah lebih dikenal dengan nama Yu Tum. Saat ini Yu Tum telah membuka beberapa cabang di sekitar Wonosari Gunungkidul.

Kemasan Luar Gathot Thiwul Yu Tum Gunungkidul

Lokasi toko pusat Gathot Thiwul Yu Tum berada di pusat kota Wonosari. Cukup mudah menemukan tempat ini karena kota Wonosari tidak luas dan tidak banyak simpangan jalan. Area parkirnya cukup luas dan bangunannya terdiri dari dua lantai. Selain sajian gathot dan thiwul, toko ini juga menyediakan beraneka macam oleh-oleh khas Yogyakarta.

Hidangan Gathot Thiwul Yu Tum dikemas dalam beberapa pilihan porsi dan ukuran. Sajian tiwul Yu Tum berwarna kecoklatan dengan tekstur gumpalan halus, sedikit lembek, dan sedikit basah. Saat mencicipinya terasa lembut di mulut dengan cita rasa tiwul yang khas. Tiwul ini cocok dinikmati dengan tambahan cairan gula aren (gula jawa) yang menambah rasa manis dan parutan kepala yang memberikan rasa gurih. Dalam acara tertentu hidangan tiwul ini sering digunakan sebagai pengganti nasi dari beras.

Baca Juga  Rumah Makan Duta Ngawi Dan Jatah Makan Gratis Dari Bus Malam

Penyajian Gathot Thiwul Yu Tum Gunungkidul

Sedangkan sajian gathot Yu Tum memiliki tekstur agak basah dan terlihat kenyal. Cita rasa yang ditawarkan adalah rasa sedikit manis dan gurih. Antara gathot dan tiwul dapat dinikmati bersama-sama karena merupakan kombinasi yang pas. Selain makanan tersebut ada beberapa makanan khas Gunungkidul yang unik dan penasaran untuk dicicipi seperti peyek dan keripik belalang.

Saat ini  Gathot Thiwul Yu Tum masih menjadi magnet wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul karena tidak ada toko lain yang menyediakan makanan khas serupa. Tidak heran bila nama Yu Tum menjadi identik dengan makanan atau oleh-oleh khas Gunungkidul. Sebenarnya hal ini dapat menjadi peluang bisnis karena dari tahun ke tahun jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten Gunungkidul semakin bertambah. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Gathot Thiwul Yu Tum
Jl. Pramuka 36 Wonosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta
Telp: (0274) 7889300, 081328741792

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 8.00 s/d 20.00 WIB

Kirim pendapat