Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng
4 (80%) 1 vote

Gardu Pandang Tieng merupakan gardu pandang yang dibangun di tepi Jalan Raya Wonosobo-Dieng. Pemandangan dari tempat ini cukup menarik dimana pengunjung disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sindoro di sisi timur dan dibagian bawah terlihat area ladang serta pemukiman penduduk. Sebagian besar wisatawan yang akan berwisata di Dataran Tinggi Dieng tidak melewatkan untuk berhenti sejenak di tempat ini.

Gardu Pandang Dieng (Tieng) terletak di desa Tieng ,kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Lokasi Gardu Pandang Tieng tepat berada di tepi Jalan Raya Wonosobo-Dieng setelah melewati tanjakan panjang dan curam yang masuk wilayah kecamatan Kejajar. Area parkir yang disediakan tidak luas namun cukup menampung beberapa kendaraan beroda empat dan puluhan kendaraan beroda dua.

Gardu Pandang Tieng berada pada ketinggian 1.7989 meter diatas permukaan air laut atau 100 meter lebih rendah dibandingkan kawasan Kompleks Candi Arjuna Dieng. Gardu pandang ini menghadap ke arah timur dan langsung berhadapan dengan Gunung Sindoro. Dari tempat ini pengunjung juga dapat menikmati matahari terbit atau sunrise dengan pemandangan mirip seperti Puncak Sikunir karena posisi Puncak Sikunir hanya berada di sebelah selatan atas dari tempat ini.

Bangunan Gardu Pandang Tieng terdiri dari dua lantai dengan konstruksi bangunan permanen. Kondisinya agak kurang terawat diaman ada beberapa bagian atap yang berlubang dan di beberapa bagian dinding banyak corat-coret vandalisme yang kurang sedap dipandang mata. Sepertinya perlu perhatian khusus agar tempat ini terawat dengan baik dan pengunjung nyaman berada di tempat ini.

Fasilitas pendukung wisata di Gardu Pandang Dieng tergolong minim karena baru tersedia satu kamar mandi umum saja. Fasilitas lain seperti kios makanan hingga oleh-oleh belum tersedia di tempat ini. Secara keseluruhan Gardu Pandang Tieng dapat dijadikan salah satu tempat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan dan menikmati pemandangan dari ketinggian ketika cuaca sedang bagus atau sedang cerah. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Gardu Pandang Dieng (Tieng)
Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : Rp 2.000,-
Parkir Mobil : Rp 5.000,-

Kirim pendapat