Gapura Gading, Salah Satu Ikon Kabupaten Sragen

Gapura Gading merupakan gapura perbatasan antara kabupaten Sragen dengan kabupaten Karanganyar. Gapura baru ini belum lama selesai dibangun dan menjadi salah satu ikon pariwisata di kabupaten Sragen. Bentuk gading gajah purba yang ditemukan di Situs Purbakala Sangiran menjadi ide kreatif pembangunan gapura perbatasan ini. Keberadaannya cukup menarik perhatian pengguna jalan yang melewati gapura ini.

Gapura atau Tugu Gading Purba merupakan salah satu ikon baru kabupaten Sragen selain wisata purbakala di daerah Sangiran. Gapura Gading Purba dibangun di perbatasan antara kabupaten Sragen dengan kabupaten Karanganyar tepatnya diatas Jembatan Grompol, Karangmalang, Masaran, Sragen

Gapura Gading Kabupaten Sragen Di Tepi Jalan Raya

Gapura Gading menjadi gerbang masuk wilayah kabupaten Sragen dari kabupaten Karanganyar atau jalan raya antar propinsi yang membelah bagian tengah Provinsi Jawa Tengah. Tidak heran bila pembangunan Gapura Gajah ditempatkan di tepi jalan raya ini karena lokasinya cukup strategis.

Ide pembuatan Gapura Gajah ini berawal dari penemuan gading gajah purba yang ditemukan di kawasan Sangiran. Gading Gajah Purba merupakan salah satu daya tarik wisata di Museum Manusia Purba Sangiran selain potong fosil manusia purba berikut alat-alat pada zaman purba. Potongan gading gajah purba yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan gajah saat ini masih disimpan di Museum Manusia Purba Sangiran.

TeamTouring Di Gapura Gading Sragen

Keberadaan Gapura Gading memperkuat kabupaten Sragen sebagai kawasan wisata sejarah dan purbakala. Seperti yang kita tahu bahwa kawasan Sangiran di kabupaten Sragen merupakan salah satu pusat peradaban manusia purba di Indonesia bahkan di dunia. Banyak sekali fosil yang ditemukan di Sangiran sejak zaman penjajahan hingga saat ini. Setiap tahun peneliti atau arkeolog banyak berdatangan dari seluruh penjuru dunia untuk mempelajari sejarah di kawasan Sangiran.

Baca Juga  Between Two Gates Kotagede, Dulu Bagian Alun-Alun Kerajaan Mataram Islam

Beberapa pengendara kendaraan pribadi yang lewat di Gapura Gading Sragen termasuk kami menyempatkan diri foto sejenak di sekitar gapura tersebut. Ketiadaan area parkir membuat kendaraan harus diparkir sedikit menjauh dari lokasi Gapura Gading. Demikian pula pengguna kendaraan lian kerab berhenti untuk sekedar mengabadikan Gapura Gading sebagai tanda bahwa telah mengunjungi kabupaten Sragen. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat