Kedai Filosofi Kopi Jogja, Berawal Dari Film Layar Lebar Tentang Kopi

Kedai Filosofi Kopi Jogja, Berawal Dari Film Layar Lebar Tentang Kopi
2 (40%) 2 votes

Filosofi Kopi Jogja merupakan salah satu kedai kopi yang berada di daerah Jalan Palagan Tentara Pelajar Sleman. Nama kedai kopi yang digunakan berdasarkan nama film layar lebar yang cukup mendapat sambutan positif bagi kalangan anak muda. Kedai Filosofi Kopi Jogja ini adalah cabang yang kedua setelah Jakarta dan dibuka menjalang peluncuran film Filosofi Kopi 2 (dua).

Filosofi Kopi Jogja terletak di Jalan Pandawa (jalan Palagan Tentara Pelajar Sleman km 8.2), desa Sariharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Kedai Filosofi Kopi berada di daerah Jalan Palagan Tentara Pelajar Sleman atau dari Monumen Jogja Kembali ke arah utara sekitar 3-4 kilometer. Dari jalan utama masuk ke dalam gang jalan kurang lebih 400 meter dan posisi kedai kopi berada di kiri jalan. Akses menuju kedai kopi ini dapat dijangkau dengan kendaraan beroda empat. Papan petunjuk arah menuju kedai kopi ini masih jarang karena belum lama dibuka. Area parkir yang disediakan terbatas namun petugas parkir cukup gesit mengarahkan parkir pada kantong-kantong parkir di halaman rumah penduduk.

Kedai Filosofi Kopi menggunakan dua buah bangunan joglo sebagai bangunan utama dan halaman yang disulap menjadi taman. Suasananya terasa Jawa dengan lingkungan yang tenang karena agak jauh dari keramain pusat kota. Tempat duduk yang disediakan ada dua macam yaitu menggunakan meja kursi dan secara lesehan di dekat bar. Hal yang menarik dari kedai kopi ini adalah menggunakan dua barista perempuan

Menu sajian kopi dan camilan pendamping meikmati kopi diĀ Filosofi Kopi Jogja terhitung terbatas dan hanya terdapat beberapa jenis saja. Menu black coffee hanya tersedia espresso dan long black saja. Menu white coffee yang ada antara lain cappuccino, caffe latte, piccolo, flat white, dan macchiato. Untuk manual brew hanya tersedia beberapa tehnik penyeduhan antara lain Indonesian Tubruk, v60, aeropress, dan vietnam drip. Tipe penyeduhan symphon tertulis dalam daftar menu namun saat ini belum tersedia. Selain itu kopi lokal yang disediakan cukup terbatas untuk jenis kopi Tiwus, Lestari, dan Perfecto. Jenis kopi Tiwus dan Lestari sempat disebut dan dipromosikan dalam Film Filosofi Kopi yang pertama.

Menu es kopi Manual Brew dengan teknik penyeduhan v60 yang saya pesan disajikan dengan botol yang menarik untuk difoto. Sepertinya pengelola memberikan daya tarik melalui penyajian kopi agar difoto dan dipromosikan di sosial media secara gratis oleh pengunjung. Cita rasa yang ditawarkan kopi lokal varian Tiwus tergolong biasa dan tidak semenarik yang ditawarkan pada film Folosofi Kopi. Saya pribadi ketika pertama kali menyicipi jenis kopi varian ini belum menemukan keunikan rasa yang diusung. Mungkin dilain waktu saya akan mencoba kembali sajian kopi tersebut untuk menemukan karakteristik unik dari kopi Tiwus. Untuk camilan pendamping menikmati kopi berasa standar dengan porsi yang cukup.

Harga yang ditawarkan Kedai Filosofi Kopi Jogja tergolong mahal untuk cita rasa yang ditawarkan namun sebanding dengan suasana yang dijual oleh kedai kopi ini. Suasana yang nyaman memang dapat mengubah hidangan dengan yang biasa menjadi luar biasa. Secara keseluruhan kedai Filosofi Kopi kurang cocok dikunjungi bagi penikmat sajian kopi dan lebih cocok dikunjungi oleh para anak muda kekinian yang sedang mengikuti tren. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Black Coffee

  • Espresso : 18k
  • Long Blak : 20k

White Coffee

  • Cappuccino : 28k
  • Caffe latte : 28k
  • Piccolo : 25k
  • Flat white : 28k
  • Macchiato : 22k

Manual Brew

  • Indonesian Tubruk : 20k
  • v60 : 25k
  • Aeropress : 25k
  • Vietnam Drip : 23k

Coffe Dessert

  • Classic Affogato : 25k
  • Affogato Orgasm : 30k
  • Affogato Foreplay : 30k

 

INFORMASI
Filosofi Kopi Jogja
Jl. Pandawa (jalan Palagan Tentara Pelajar Sleman km 8.2), desa Sariharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 16.00 s/d 24.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PSA Toner:

    yahh, jenis kopi lokal nya cuman 3 macam,,,padahal orang luar negeri aja pada menganggumi Kopi lokal indonesia

Kirim pendapat