Festival Tlatah Bocah IX, Klakah Dan Kaki Gunung Merapi

Festival Tlatah Bocah IX, Klakah Dan Kaki Gunung Merapi
Rate this post

Festival Tlatah Bocah merupakan acara tahunan yang menampilkan pertunjukkan seni daerah yang dilakukan oleh anak-anak. Konsep acara semacam ini cukup langka karena menampilkan pertunjukkan seni yang diperankan atau dilakukan oleh anak-anak. Dengan diselenggarakan acara semacam ini turut melestarikan seni, budaya, dan tradisi serta mempersiapkan generasi penerus yang mencintai budaya sendiri. Tahun 2015, Festival Tlatah Bocah kembali diselenggarakan di tempat berbeda di kaki Gunung Merapi.

Festival Tlatah Bocah IX (ke-sembilan) Tahun 2015 bertemakan ‘Sayuk Rukun” diselenggarakan pada tanggal 8-9 Agustus 2015 di dusun Klakah Tengah, desa Klakah, kecamatan Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Peserta Menuju Panggung Tlatah Bocah IX 2015 Klakah, Boyolali

Lokasi Festival Tlatah Bocah IX tahun 2015 mengambil tempat di lereng Gunung Merapi tepatnya di desa Klakah, kecamatan Selo, kabupaten Boyolali. Desa Klakah ini baru pertama kali digunakan sebagai tempat diselenggarakan perhelatan tahunan ini. Akses menuju desa ini cukup mudah meskipun harus melewati jalur penambangan pasir Gunung Merapi. Kondisi jalan menuju lokasi melalui jalan pintas disarankan karena kondisinya lebih baik dibandingkan melalui jalur utama yang sedang diperbaiki karena banyak mengalami kerusakan.

Agenda Festival Tlatah Bocah IX terdiri dari sarasehan, lokakarya, pameran, dan pertunjukan seni. Tahun 2015 ini, Festival Tlatah Bocah diikuti oleh 21 komunitas seni tradisi.

Pertunjukan Soreng Anak Dalam Tlatah Bocah IX 2015 Klakah, Boyolali

Waktu pelaksanaan Festival Tlatah Bocah IX tahun ini mendekati peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70. Jadwal pertunjukan atau pentas Festival Tlatah Bocah IX ini dimulai dari siang hari hingga malam hari. Awalnya saya berharap pentas pertunjukkan dilakukan sejak pagi hari namun karena karena singkatnya waktu pelaksanaan dan banyaknya agenda acara membuat hal tersebut tidak dapat terlaksana. Waktu dua hari dirasa masih kurang untuk perhelatan tahunan semacam ini.

Salah Satu Atraksi Peserta Tlatah Bocah IX 2015 Klakah, Boyolali

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya pentas Festival Tlatah Bocah IX menampilkan berbagai kesenian yang dimainkan oleh anak-anak dan sebagian didampingi oleh pemuda dan dewasa. Kesenian yang ditampilkan berasal dari lereng Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Perbukitan Menoreh dan beberapa artis pendukung dari luar negeri seperti Australia, Jepang dan Amerika Serikat. Panggung pentas pertunjukkan berada ditengah perkampungan yang dibuat secara sederhana dan tanpa keberadaan sponsor. Namun cukup disayangkan ukuran panggung terlampau sempit dan area disekitarnya tidak mampu menampung banyak penonton.

Foto Bersama Peserta Tlatah Bocah IX 2015 Klakah, Boyolali

Perhelatan Festival Tlatah Bocah patut diacungi jempol walaupun masih banyak kekurangan dibandingkan kelebihannya. Pasalnya, acara tahunan ini tetap terlaksana meskipun tanpa bantuan sponsor ataupun bantuan pemerintah. Acara ini murni di danai oleh masyarakat sekitar bekerjasama dengan komunitas Tlatah Bocah. Dibalik penyelenggaraan Festival Tlatah Bocah tetap ada tujuan untuk memunculkan kesenian baru di setiap daerah agar masyarakat peduli terhadap kesenian dan budaya daerah. Selain itu penyelenggaraan acara ini juga turut membangkitkan semangat masyarakat untuk menyukai kesenian daerah dan melestarikannya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Festival Tlatah Bocah IX 2015
Dusun Klakah Tengah, Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Musa:

    Salut kepada generasi muda yang datang….harus tetap melestarikan adat dan budaya yang ada di indonesia

  2. aqied:

    barutau kalo ad festival begini di Selo.

  3. bersapedahan:

    acara rutin bagus begini koq tidak tersupport pemerintah …. heran …
    mudah2an mulai tahun depan sudah dipromosikan oleh disbudpar … katanya dapat alokasi dana promosi pariwisata gede banget .. trilyunan …

Kirim pendapat