Festival Perahu Naga di Bendungan Tegal

Festival Perahu Naga digelar sebagai puncak perayaan Peh Cun di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Festival ini berupa perlombaan mendayung perahu berkepala naga di aliran sungai Opak tepatnya di kawasan Bendungan Tegal. Rencananya acara ini akan rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai agenda tahunan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Festival Perahu Naga sebegai puncak acara Peh Cun di Yogyakarta diselenggarakan di Bendungan Tegal, aliran Sungai Opak tepatnya di desa Canden, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul. Perayaan Peh Cun sendiri diselengarakan setiap tahun pada tanggal 5 bulan ke 5 penanggalan Imlek.

Lomba Perahu Naga

Perjalanan menuju lokasi Festival Perahu Naga cukup singkat dan rute menuju lokasi cukup jelas. Namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke tempat ini. Acara ini diselenggarakan sehari penuh sejak pagi hingga sore hari, namun hari-hari sebelumnya banyak peserta lomba yang melakukan latihan di tempat ini.

Ketika saya tiba di Festival Perahu Naga di Bendungan Tegal saat pagi hari, suasana belum ramai. Terlihat persiapan peserta untuk mengikuti perlombaan perahu naga setelaah dilakukan pembukaan acara dan pentas kesenian. Tak lama kemudian Acara Festival Perahu Naga dibuka dan para penonton sudah memenuhi kawasan tepi sungai Opak.

Baca Juga  Masjid Kotagede, Akulturasi Budaya Hindu Budha dan Islam

Kibaran Bendera Perlombaan

Ketika perlombaan perahu naga dimulai, terdengar riuh sorakan penonton yang menonton di tepian sungai. mereka bersorak mendukung peserta perahu naga yang berjuang membawa perahu naga melewati garis finish terlebih dahulu. sambil menonton perlombaan, pengunjung dapat menikmati makanan khas China yaitu kue cang atau bang cang yang menjadi simbol perayaan Peh Cun.

Selain itu banyak stan-stan makanan dan pernak pernik khas China dijual di acara ini. Tidak ketinggal hiburan banana boat yang disediakan buat pengunjung yang tertarik untuk mencobanya. Banana boat ini diselenggarakan sebagai hiburan dan jeda antar pertandingan. Hingga pertandingan usai dan terpilih grup pemenang lomba perahu naga, acara masih tetap ramai dan banyak wisatawan yang datang dari luar lokasi. Acara ini cukup menarik meskipun fasilitas umum yang tersedia di lokasi kurang memadai. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat