Festival Gerobak Sapi

Festival Gerobak Sapi
Rate this post

Pawai Festival Gerobak Sapi 2015 Bantul

Festival Gerobak Sapi (FGS) merupakan perhelatan berkumpulnya pemilik transportasi tradisional gerobak sapi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Perhelatan atau event budaya ini diselenggarakan setahun sekali sejak tahun 2013 oleh Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Komunitas Gerobak Sapi yang dinamakan Bajingers Community. Para pemilik atau supir gerobak sapi yang disebut ‘bajingan’ berkumpul dari seluruh penjuru Daerah Istimewa Yogyakarta dan daerah lain yang ada disekitarnya. Jumlah gerobak sapi yang berkumpul jumlahnya mencapai ratusan dan pasa peserta cukup antusias dengan penyelenggaraan acara tersebut. Terbukti, jumlah peserta semakin bertambah dari tahun ke tahun penyelenggaraan.

Festival Gerobak Sapi ini cukup unik dan mungkin tidak ditemukan di daerah lain. Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk melestarikan salah satu transportasi tradisonal di sekitar Yogyakarta yaitu gerobak sapi ditengah arus modernisasi. Acara ini tidak dipungut biasa dan masyarakat atau penonton bebas menghadiri acara tersebut. Rangkaian acara Festival Gerobak Sapi cukup padat dan biasanya berlangsung hingga dua hari. Kirab gerobak sapi keliling pedesaan merupakan acara paling favorit bagi penonton festival ini. Selain itu terdapat beberapa perlombaan cukup menarik seperti lomba gerobak sapi hias, lomba modifikasi gerobak sapi, lomba balap gerobak sapi, lomba desain grafis, lomba foto selfie, lomba foto on the spot, dan sebagainya. (text/foto: annosmile)

ARSIP

16 Juni 2013 – Festival Gerobak Sapi 2013 ke 1 di Lapangan Utara Stadion Maguwoharjo Sleman

23-24 Agustus 2014 – Festival Gerobak Sapi 2014 ke 2 di Lapangan Utara Stadion Maguwoharjo Sleman

5-6 September 2015 – Festival Gerobak Sapi 2015 ke 3 di Lapangan Luar Stadion Sultan Agung Bantul. Baca artikel selengkapnya di Festival Gerobak Sapi 2015, Berkumpulnya Ratusan Gerobak Sapi Di Bantul

24-25 September 2016 – Festival Gerobak Sapi 2014 ke 4 di Lapangan Luar Stadion Sultan Agung Bantul.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fahmi:

    wah wah, unik banget! jarang ada loh festival gerobak sapi kayak gini XD sayang udah kelewatan, harusnya bisa liat nih :)

Kirim pendapat